detikOto

Cacat pada Cruise Control, Mercy Tarik Ribuan SUV

Syubhan Akib - detikOto
Rabu, 06/04/2011 15:12 WIB

Detroit -Produsen mobil mewah Mercedes-Benz menarik (recall) hampir 137.000 mobil Sport Utility vehicle (SUV) M-Class mereka karena ditengarai memiliki cacat di fitur cruise control.

Mercedes-Benz seperti detikOto kutip dari The New York Times, Rabu (6/4/2011) mengatakan bahwa kampanye recall yang mereka lakukan itu akan melibatkan Mercedes-Benz M-Class produksi tahun 2000-2002 dan M-Class AMG produksi tahun 2000-2004.

Cruise control merupakan fitur yang otomatis membuat mobil melaju dalam kecepatan tetap tanpa perlu lagi kita menginjak pedal gas. Untuk mengaktifkannya biasanya tinggal menekan tuas cruise control di samping setir.

Produsen mobil asal Jerman ini kepada Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menjelaskan kalau mereka telah menemukan masalah dengan fitur cruise control dimana para penggunanya akan kesulitan untuk mematikan fitur ini meski menurut Mercy hal itu bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan tangkai cruise control yang ada di kabin.

Cara lain adalah dengan menekan pedal karena sistem cruise control sendiri dirancang Mercy untuk secara otomatif non-aktif bila mobil berjalan dibawah 25 mph (40 km perjam). Namun masalahnya, pedal rem pun menurut Mercy terkadang juga bermasalah dan harus ditekan berulang kali agar cruise control mati.

Mercy mengatakan mereka mulai melakukan investigasi terhadap hal ini pada bulan September lalu setelah ada beberapa keluhan pelanggan. Kemudian pada bulan Desember badan keamanan juga mulai melakukan investigasi sendiri setelah menerima laporan dari konsumen bahwa ada masalah dengan cruise control.

Meski begitu, Mercy belum menerima adanya kecelakaan mengenai hal tersebut. Tapi sebagai bentuk tanggung jawab, Mercy secara sukarela mengundang para pemilik M-Class di Amerika untuk mendatangi bengkel-bengkel Mercy yang ada untuk memeriksakan fitur ini.


(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close