detikOto

Berapa Harga Pantas Honda Brio di Tanah Air?

Muhammad Ikhsan - detikOto
Jumat, 18/03/2011 15:07 WIB

Jakarta -Pasar city car kembali semarak dengan lahirnya Honda Brio di Thailand. Di negeri Gajah Putih itu, Honda Brio dibanderol mulai 399.900-508.500 baht atau sekitar Rp 115,8 juta sampai Rp 147 jutaan.

Pertanyaannya adalah akankah mobil kecil itu masuk ke pasar otomotif Indonesia. Soalnya Honda Brio dibanderol cukup murah di Thailand. Seperti dilansir situs Honda, Jumat (18/3/2011) produsen mobil Jepang itu sangat yakin Brio mampu terjual sebanyak 40.000 per tahun di Thailand.

Ketika dimintai tanggapannya soal Brio, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan Honda Indonesia sepertinya tertarik dengan mobil tersebut. Soalnya dari segi konsep, mobil tersebut sangat kompetitif namun kapan masuk ke tanah air belum lah jelas.

"Nanti diberitahu kalau sudah akurat," tegas Jonfis ketika dihubungi, Jumat (18/3/2011).

Honda Brio terlahir dengan mesin kapasitas 1.2-liter 4-cylinder i-VTEC engine dengan tenaga 90 hp. Konsumsi BBM-nya mencapai 5 liter untuk 100 km atau 1:20. Emisinya sudah sesuai dengan standar Euro4.

Namun yang masih jadi persoalan HPM adalah harga yang pantas untuk Brio di RI. Jonfis pun enggan berkomentar masalah harga Brio jika nantinya masuk pasar mobil Indonesia.

Soalnya, di Thailand Honda Brio mendapatkan insentif dari pemerintah Thailand karena termasuk mobil eco car. Sementara pemerintah Indonesia tidak ke arah itu.

Nah, bagaimana menurut Anda. Berapa harga yang pantas untuk Brio jika Honda benar-benar merilis mobil itu ke Indonesia?

Sebagai perbandingan saja jika mobil ecocar lainnya yakni Nissan March di Bangkok harganya Rp 109 jutaan, begitu masuk ke tanah air harganya naik Rp 32 juta menjadi mulai Rp 141 jutaan, apakah Brio bakal berada di kisaran kenaikan yang sama?

(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com