detikOto

Program Mobil Pribadi Berharga Murah Ditunda?

Suhendra - detikOto
Senin, 28/02/2011 18:57 WIB
Halaman 1 dari 2

Daihatsu F-Concept
Jakarta -Pemerintah sejak beberapa waktu lalu dikabarkan sedang menyiapkan program mobil murah untuk rumah tangga masyarakat Indonesia. Namun harapan masyarakat untuk mendapatkan mobil pribadi berharga murah nampaknya mengecil.

Sebab pemerintah mengaku lebih memilih untk membuat program angkutan umum 'super murah' untuk masyarakat pedesaan. Manteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, saat ini pemerintah sedang menyusun rencana aksi untuk pengembangan industri angkutan umum pedesaan super murah.

"Kementerian perindustrian ditetapkan sebagai leading sector untuk melaksanakan program kendaraan angkutan umum murah dan mendukung program listrik murah dan hemat dimana leading sector-nya Kementerian ESDM," kata Manteri Perindustrian MS Hidayat di acara raker Kemenperin, di Bidakara, Jakarta, Senin (28/2/2011).

Menurut Hidayat, sesuai arahan dari Presiden SBY bahwa akan dikembangkan program pro rakyat dalam upaya menanggulangi kemiskinan yang meliputi 6 hal yaitu rumah super murah, angkutan umum murah, program air bersih, program listrik murah dan hemat, program peningkatan hidup nelayan dan masyarakat pinggir kota.

Sekjen Kemenperin Ansari Bukhari menambahkan, dari sekian 6 program yang ditugaskan presiden, sektor pengadaan angkutan umum murah pedesaan termasuk yang paling berat. Dari keenam tadi, sebanyak 5 program dipastikan jalan tahun ini, sementara program angkutan umum murah baru bisa dilakukan 2012.

"Lagi disiapkan konsepnya, bikin mobil itu kan lama," katanya.

Ia menjelaskan konsep dasar angkutan umum murah untuk pedesaan ini bisa dalam bentuk mobil pribadi ataupun umum. Namun secara prinsip angkutan super murah ini bisa mengangkut barang dan orang.Next

Halaman 1 2
(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com