detikOto

Mobil Termurah Sejagat Nano Segera Diproduksi di Indonesia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Senin, 14/02/2011 11:51 WIB

Mobil Termurah Sejagat Nano Segera Diproduksi di Indonesia
New Delhi -Pabrikan India, Tata Motors dikabarkan tengah melakukan feasibility study atau studi kelayakan untuk membuat pabrik mobil termurah sejagat Tata Nano di Jakarta.

Seperti dilansir livemint, Senin (14/2/2011), sumber-sumber di Tata Motors menyebutkan tadinya Tata Motors akan membangun mobil Nano di Thailand, namun rencana itu ditangguhkan sementara. Tata Motors lebih memilih membuat Nano di Indonesia dibanding Thailand.

Pabrik yang diperkirakan akan mulai beroperasi pada 2013 ini diyakini bisa membuat 50.000 unit mobil. Selain Nano, pabrik itu juga akan membuat mobil niaga seperti Tata Ace.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tata tengah mencari partner di Indonesia untuk memuluskan rencana membawa Nano. Beberapa petinggi Tata Motors dikabarkan sudah bolak-balik ke Indonesia untuk mencari partner yang cocok.

Namun juru bicara Tata Motors, Debasis Ray belum bisa dimintai komentarnya soal ini.

Kabar kehadiran Tata Motors di Indonesia sebenarnya sudah terendus sejak tahun 2009 lalu. Kabar itu makin menguat setelah analisis Frost and Sullivan menuturkan bakal ada produsen India yang akan masuk tanah air tahun ini.

Di 2009 lalu, Tata Motors sudah mengenalkan beberapa varian mobilnya ke tanah air, yakni lewat mobil pikap double cabin Xenon, dan SUV Sumo Grande.

Tadinya kedua mobil itu akan dikenalkan pada 2010 lalu, namun sampai saat ini belum kesampaian.

Analis pun memperkirakan, jika Tata mengenalkan Nano di tanah air, kansnya bakal cukup bagus dengan image Nano sebagai mobil termurah sejagat.

"Pasar Indonesia hampir seperti pasar India," ujar Abdul Majeed dari PricewaterhouseCoopers.

Apalagi pasar otomotif tanah air Indonesia diperkirakan masih akan berkembang lagi. Analisis JD Power menyebutkan, pasar otomotif Indonesia akan naik 11 persen tahun ini. (ddn/ddn)
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close