detikOto
 
 


Proton dan KIA Tahan Harga Mobil

Muhammad Ikhsan - detikOto
Selasa, 04/01/2011 15:53 WIB

Jakarta -Produsen mobil Jepang dan AS sibuk menaikkan harga kendaraannya di awal 2011. Di lain pihak, produsen mobil asal Malaysia, Proton memutuskan untuk tidak menaikkan harga mobil setidaknya hingga 4 bulan ke depan.

"Kita tidak ada kenaian harga hingga April 2011. Setelah itu kemungkinan harga Proton naik. Dan kenaikan belum dapat dipastikan," kata GM Marketing PT Proton Edar Indonesia, Mazlan ketika dihubungi detikOto, Selasa (4/1/2011).

Menurutnya pihak Proton hingga kini masih menghitung-hitung jika kenaikan benar terjadi. "Beruntung tidak ada kenaikan harga. Namun kalau ada pasti lebih kompetitif. Sayang kita tidak bisa menjelaskan kenaikannya," tutur Mazlan.

Selain Proton, pabrikan mobil asal Korea, KIA juga belum memutuskan untuk menaikan harga mobil KIA di awal tahun. Untuk sementara harga mobil KIA masih menggunakan harga lama per Desember 2010.

"Sampai hari ini harga kita belum berubah, masih menggunakan harga lama," kata Marketing Communication Manager PT KIA, Ridjal Mulyadi.

Namun KIA seperti yang dijelaskan Ridjal tidak tahu sampai kapan harus
mempertahankan harga KIA di 2011. Di mana semestinya harga mobil KIA harus naik untuk menyesuaikan kenaikan pajak BBN-KB seperti yang dilakukan produsen mobil lainnya di Indonesia.

"Meski ada kenaikan harus kita kaji dulu. Nanti pasti kita informasikan," yakin Ridjal.


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close