detikOto
 
 


Bisakah Pelek 18 Inci Dipakai di Innova?

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 29/12/2010 11:15 WIB

Jakarta -Memodifikasi mobil kesayangan memang tidak salah, tapi perlu diperhatikan juga akan keyamanan kita dalam berkendara. Seperti dalam pemilihan pelek dan ban. Sebesar apa pelek yang dipakai di mobil agar tetap nyaman.

"Memang sah saja untuk kita mengganti pelek dengan ukuran atau ring yang lebih besar, tapi kita juga harus memperhatikan akan kenyamanan kita dalam berkendara," ujar Sutrisno(42), Kepala Teknisi Auto2000 Lenteng Agung Raya ketika dikunjungi detikOto.

Aturannya menurut Asosiasi Ban Indonesia, dalam mengganti pelek dan ukuran ban itu ada rumusnya. Ukuran pelek maksimal adalah 2 tingkat saja dari ukuran pelek pabrikan asli. Sedangkan untuk ukuran ban itu mengikuti dari ukuran ring velgnya.

Contohnya, seperti pada mobil Toyota Kijang Innova. Innova memiliki ukuran pelek standar itu 15 inci dengan menggunakan ban ukuran 65 atau 65/R15.

Jika Anda ingin memodifikasi ukuran pelek maka gantilah dengan pelek dengan pelek yang memiliki ukuran maksimal 17 inci dan menggunakan ban berukuran 50 atau 50/R17.

"Apabila ukuran ini yang dipakai, mobil ini masih akan dapat digunakan dengan nyaman," ujarnya.

Sutrisno menuturkan jika memaksakan menggunakan pelek yang lebih besar, misalnya sampai 18 inci siap-siap saja menanggung risiko.

"Maka mobil ini akan kurang nyaman pada starter awal atau di saat tarikan awal mobil ini akan  terasa berat. Karena mesin akan memutar ban yang berukuran lebih besar. Selain itu pada speedometer akan mengalami pengurangan dari standarnya. Contohnya di saat kita seharusnya melaju dalam kecepatan 100 km/jam, tapi kenyataan pada speedometer hanya di bawah 100 km/jam," ujarnya

Sutrisno juga mengatakan kalau seandainya pengguna akan tetap memaksakan untuk tetap menggunakan velg yang berukuran 55/R18. Maka mobil ini seperti tidak memiliki suspensi, karena ban yang terlalu tinggi dan dapat menyentuh bodi mobil.

 

(ddn/ikh)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close