detikOto

Mobil Sport Jadul Berukuran Raksasa

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 10/12/2010 12:55 WIB

dok Victory Cars
Detroit -Bila saat ini mata kita sudah terbiasa melihat mobil sport modern langsing yang berdesain indah dengan lekuk tubuh yang aerodinamis, maka hal yang berbeda terjadi di mobil sport era 1915 ini.

Sebab sekilas saja, kita pasti akan menyangka ini bukanlah mobil untuk manusia, tapi untuk seorang raksasa. Bentuk tubuh yang besar dari mobil kebanyakanlah yang menjadi alasannya.

Seperti dilansir autoevolution, Jumat (10/12/2010) bukan hanya dari ukurannya saja yang terbilang raksasa, mesin yang digendong mobil ini pun termasuk super besar. Mobil ini memiliki sebuah mesin berkapasitas 17 liter atau 17.000 cc. Padahal mesin mobil sport modern saja hanya berkapasitas 6.000-an cc saja.

Karena itulah tidak aneh bila mesin tiga silinder yang dikawinkan dengan
transmisi tiga percepatan ini memerlukan 3 busi untuk memercik pembakarannya. Tapi berkat itu pula si raksasa merah ini bisa melaju hingga ke kecepatan 160 km per jam. Sebuah kecepatan yang sangat cepat di awal tahun 1920-an.

Mesin mobil ini sendiri dibangun oleh Joseph van Blerck yang merupakan seorang insinyur Belanda kelahiran 17 Agustus 1876. Dia adalah seorang insinyur yang sangat terampil dan inovatif yang datang ke Amerika Serikat pada tahun 1904 dan bekerja untuk Henry Ford di Detroit.

Sekitar tahun 1906 ia membentuk perusahaan Van Blerck motor, yang kemudian menjadi salah satu produsen mesin kapal terkemuka pada akhir 1910-an.

Mobil ini merupakan sebuah mobil contoh dan karenanya hanya ada satu yang pernah dibuat. Pada tahun 2008 mobil itu dijual di balai lelang Huston Classic dengan harga US$ 288.200 (Rp 2,5 miliar) dan kini kembali dilelang dengan harga pembukaan sebesar US$ 199.000 (1,79 miliar) di situs jual beli eBay. Bagaimana, tertarik?



(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close