detikOto


Pasang Sound System, Aki Katana Sering Tekor

Agung M Hasan - detikOto
Kamis, 04/11/2010 16:19 WIB

Pasang Sound System, Aki Katana Sering Tekor
Jakarta -Halo detikOto, saya mempunyai Suzuki Katana tahun 1989. Saya memasang sound sistem dengan 1 power, aki 45 Ah, dan AC. Kalau pagi hari aki sering tekor padahal aki bagus, pengisian juga bagus.

Apakah kalau mobil sedang jalan listrik untuk AC dan tape semuanya mengambil dari aki? Bagaimana cara meningkatkan performance mesin?

Terima kasih
Slamet Mugiono


Jawaban:
Menggunakan aki 45 Ah dengan pengisian alternator yang baik lebih dari cukup untuk menggandeng satu buah amplifier, bahkan akan tetap berjalan normal jika memakai amplifier 2 buah sekalipun.

Untuk masalah Anda, penyebabnya bisa ditimbulkan oleh instalasi pemasangan pada power amplifier.

Selain kabel plus dan minus, di amplifier terdapat kabel remote yang terhubungkan dengan head unit.

Jadi ketika head unit dihidupkan, secara otomatis amplifier akan menyala. Begitu juga sebaliknya, jika head unit mati maka amplifier tersebut akan ikut padam.

Tetapi jika kabel remote tersebut langsung dihubungkan dengan terminal plus pada accu kendaraan anda, amplifier akan terus menyala walaupun head unit dimatikan, juga akan terus menyala biarpun kunci kontak telah tercabut.

Hingga secara otomatis power amplifier tersebut akan memakan arus aki kendaraan anda dan mengakibatkan accu menjadi tekor.
 
Niarpun mesin mobil dalam keadaan jalan ataupun mati, AC dan audio system semuanya mengambil supply listrik dari aki.

Jika pada keadaan mesin jalan, alternator akan selalu memberikan mengisi aki/baterai sehingga listrik tidak terkuras atau tekor.

Sehingga diusahakan agar tidak menyalakan audio system berlama-lama pada saat mobil sedang tidak dinyalakan, karena akan menguras aki kendaraan Anda.
 


(ddn/ddn)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close