detikOto


Terios Anyar, Kenyamanan Sebuah SUV

Syubhan Akib - detikOto
Senin, 25/10/2010 08:02 WIB

Terios Anyar, Kenyamanan Sebuah SUV
Yogyakarta -PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja menyegarkan tampilan Sport Utility Vehicle (SUV) miliknya, Terios. Tapi seperti apakah performa mobil ini?

Namun sebelum masuk ke kabin, detikOto yang berkesempatan mengetes mobil yang dilepas dengan harga mulai dari Rp 155,4 juta sampai Rp 194,6 juta (on the road Jakarta) ini di kota gudeg, Yogyakarta pun menyempatkan diri untuk melirik tampilan eksterior mobil bermesin 1.5 liter ini.

Tampak depan Terios terlihat lebih segar dengan hadirnya grille baru yang dipadu dengan bumper dan foglamp yang juga baru. Beranjak ke samping, tampak pelek yang juga baru kokoh menopang. Lari ke belakang, disain bumper dan rear lamp juga tampil membuat kesegaran.

Tidak sabar, detikOto pun beranjak masuk ke dalam kabin. Kali ini yang pertama dites adalah Terios TX manual. Awal menduduki kursi pengendara di kabin, perhatian langsung tertuju pada disain indikator speedo meter baru yang tampak lebih sporty. Mesin pun dinyalakan.

Tujuan pertama adalah kawasan Sleman, di perjalanan tampak keunggulan lain dari Terios terbaru yakni aplikasi fitur Electronic Power Steering (EPS) menganti teknologi power steering manual.

Dengan EPS, roda kemudi Terios jadi sangat enteng dan sangat mudah dikendalikan tanpa perlu mengeluarkan tenaga lebih. Fitur ini terbukti sangat membantu, terutama ketika memarkir kendaraan yang terkadang membutuhkan tenaga ekstra.

Suasana kabin pun terasa lebih senyap meski mobil sedang melaju diatas 100 km per jam.

Di mobil manual ini, detikOto mencatat konsumsi bensin sekitar 1:12 km. Cukup irit di suasana perkotaan Yogyakarta yang makin hari makin padat.

Hari kedua, Terios TX dengan transmisi otomatis yang dijajal. Sama seperti versi manualnya sudah dilengkapi dengan teknologi EPS yang membuat enteng roda kemudi.

Perjalanan pun diarahkan ke Gunung Merapi yang saat ini sedang dalam status Siaga.

Melewati jalan berkelok, suspensi baru Daihatsu Terios bekerja dengan baik. Per shock yang dipindahkan dari bagian belakang ke bagian depan roda belakang terbukti bermanfaat meredam getaran yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Hanya saja beberapa jurnalis mengeluhkan efek 'tertahan' ketika mobil melaju melewati tanjakan meski transmisi sudah ditempatkan ke posisi Low. Namun ketika berada di jalan datar dan menurun serta berkelok, SUV yang merajai penjualan model mobil di Yogyakarta dan menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia ini terasa lincah bermanuver.

Bosan di perjalanan, tinggal memencet audio control yang ada di roda kemudi bagian kiri. Dengan audio control itu, pengendara pun bebeas memilih lagu kesukaan mereka tanpa perlu kehilangan konsentrasi.

Over all, dengan kenyamanan yang lebih tinggi, Terios pun terbukti sangat
nyaman, khususnya untuk warga perkotaan meski kenyamanan ekstra ini
dipertanyakan beberapa jurnalis mengingat status mobil ini sebagai mobil SUV pelibas segala medan.
(syu/ddn)
Foto Video Terkait

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close