detikOto

Plus Minus Innova Diesel

Jasin Stefanus - detikOto
Senin, 27/09/2010 10:52 WIB

Jakarta -Selamat pagi dan salam kenal saya berencana untuk membeli Kijang Innova diesel, ada beberapa hal yang yang ingin saya tanyakan

1. Apakah kekurangan dan kelebihan mobil ini?
2. Apakah masih diperlukan tambahan lagi pada sektor mesin? Mengingat saya pernah membaca artikel masih harus ditambah turbo stabilizer kalau tidak salah dan apakah penambahan ini wajib atau tidak?

Terima kasih.
Victor-Surabaya

Email:
vc292@yahoo.com


Jawaban


Salam kenal juga, Pak Victor dari Surabaya. Kijang Innova dengan mesin dieselnya sudah mengadopsi teknologi common rail.

Jadi sistem injeksinya mirip dengan mesin bensin. Dengan demikian pengabutan bahan bakar lebih sempurna dan suara mesin lebih halus.

Namun karena menggunakan mesin diesel, tentu akselerasinya kurang kencang dibandingkan dengan Innova yang memakai mesin bensin.

Menjawab pertanyaan kedua, yang dimaksud mungkin turbo timer, memang perangkat ini sebaiknya ditambahkan agar usia turbonya menjadi lebih lama.  Jika fitur ini dipasang, meskipun kunci kontak sudah diputar ke posisi off, secara otomatis mobil diesel ber-turbocharger bisa terus menyala dalam beberapa waktu sampai proses pendinginan dianggap selesai.

Pendinginan ini perlu agar mesin tidak rusak mengingat suhu turbo yang bisa mencapai 180 derajat sehingga setelah pemakaian perlu 'cooling down' dan dilumasi oleh minyak pelumasnya terlebih dulu.
(ddn/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com