detikOto

Honda Recall Mobil Accord dan Civic

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Selasa, 10/08/2010 10:41 WIB

Honda Civic Coupe tahun 2003
Detroit -Pabrikan mobil Jepang kembali menarik mobil yang beredar di pasaran. Kali ini Honda yang menarik 428.000 mobil Accord, Civic dan Element di AS dan Kanada.

Mobil-mobil itu ditarik karena cacat pada komponen mobil yang bisa mengakibatkan mobil bergerak sendiri ketika mobil diparkir dengan tidak benar.

Seperti dikutip Reuters, Selasa (10/8/2010) Honda me-recall Accord, Civic dan Element keluaran tahun 2003 dan 2004 di AS. Jumlahnya mencapai 384.220 kendaraan.

Sedangkan di Kanada, Honda me-recall 3 mobil itu bersama dengan Acura 1.7EL sebanyak 44.000 unit.

Apa penyebab mobil bergerak sendiri ketika mobil tengah diparkir? Honda meyakini komponen ignition interlock yang menjadi biang keroknya.

Komponen ini yang menahan kunci kontak tetap berada di lubangnya ketika transmisi mobil tidak berada di posisi P atau parkir. Begitu tuas dipindahkan ke P, kunci harusnya bisa dicabut.

Nah sistem ini bisa rusak jika sudah lama atau dimakan usia. Jika hal ini terjadi, kunci bisa lepas meski mobil tidak ditempatkan pada posisi P. Jika transmisi tidak pada posisi P dan rem tidak ditarik, mobil bisa menggelinding dan tabrakan bisa terjadi.

Seperti dikutip Wall Street Journal, permasalahan mekanis ini bukan hanya bisa terjadi di mobil-mobil Honda saja. Hampir semua mobil memiliki perangkat keamanan ini dan bentuknya sama, jadi jika alat ini rusak, produsen lain bisa saja me-recall mobil mereka. (ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close