detikOto

Xenia Li Boros Bensin dan Suaranya Kasar

Jasin Stefanus - detikOto
Rabu, 21/07/2010 11:14 WIB

Xenia Li Boros Bensin dan Suaranya Kasar
Jakarta -Pak Jasin, saya mau tanya apakah Xenia Li yang sekarang tengah saya gunakan setelan mesinnya tidak benar? Saat ini saya menggunakan Xenia Li Sporty VVT-i namun saya merasa kurang nyaman karena saya pikir konsumsi BBM-nya sangat boros ukuran mesin 1.000 cc yaitu kisaran 1:9-10.

Sebelumnya saya pernah menggunakan Xenia Li juga namun belum VVT-i tapi rasio BBM-nya 1 : 12-14) sebelum menggunakan Xenia yang sekarang saya menggunakan Terios yang 1.500 cc dan perbandingannya 1:10-11.

Saya mengeluhkan hal ini ke bengkel resmi saat service 1.000 KM (saat ini KMnya sekitar 2.500). Namun katanya mesin tidak bisa disetel untuk dibuat irit atau boros, dan konsumsi BBM tergantung gaya mengemudi sopirnya dan kondisi jalan.

Saya pikir gaya mengemudi saya tidak berubah, jalan di Jakarta juga masih sama. Jadi kenapa ya Xenia yang saya pakai sekarang boros sekali sehingga saya merasa tidak ada bedanya dengan saat meggunakan Terios (kebalikan dari saat saya ganti Xenia awal ke Terios).

Padahal sekarang sudah VVT-i bukakah seharusnya lebih irit BBM? Sebenarnya sejak awal saya sudah curiga karena suara mesinnya sangat kasar, hampir seperti suara mesin diesel. Memang kata petugas bengkel karena silindernya 3 tapi seingat saya suara mesin Xenia yang awal tidak sekasar yang sekarang.

Mohon saran dan penjelasannya Pak.
Demikian dan terima kasih
Tubagus Rustama
Email :
trustama@gmail.com

Jawaban:


Halo juga,

Memang benar gaya mengemudi bisa berpengaruh banyak pada konsumsi BBM, namun apabila suara mesin terdengar kasar itu bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres atau tidak presisi.

Mesin dengan teknologi VVT-i harusnya juga akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih hemat karena pengaturan bukaan klep oleh komputer akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.

Untuk kasus ini, Provis sendiri pernah mendapati hal yang sama namun untuk kendaraan merk lain.

Saat itu mobil tersebut diantar dari showroom untuk melakukan Tune Up Semisport(R), namun saat kami lakukan serah terima, kami dengar suara mesinnya tidak normal, terdengar kasar dari daerah klep.

Karena itu kami sarankan kepada pemilik mobil untuk melakukan pemeriksaan ulang di tempat yang bersangkutan membeli mobil, itupun sempat berdebat karena dikatakan bahwa suara mesin normal.

Akhirnya setelah dicek ulang ternyata stelan celah klep tidak presisi yang mana hal ini sebenarnya normal  terjadi mengingat mesin mobil dibuat secara masal (produksi masal), asalkan masih di dalam ambang batas yang ada.

Setelah mobil tersebut selesai diperbaiki celah klepnya, baru kami lakukan Tune Up Semisport(R).

Ada kemungkinan kondisi yang sama terjadi dengan mobil Xenia.

Semoga membantu


Salam,
Jasin Stefanus, Provis

Untuk alamat fb Provis bisa diklik disini
(Provis Auto Sport)

(ddn/ddn)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com