Xenia Li Boros Bensin dan Suaranya Kasar

Jasin Stefanus - detikOto
Rabu, 21/07/2010 11:14 WIB
Halaman 1 dari 3

Jakarta -Pak Jasin, saya mau tanya apakah Xenia Li yang sekarang tengah saya gunakan setelan mesinnya tidak benar? Saat ini saya menggunakan Xenia Li Sporty VVT-i namun saya merasa kurang nyaman karena saya pikir konsumsi BBM-nya sangat boros ukuran mesin 1.000 cc yaitu kisaran 1:9-10.

Sebelumnya saya pernah menggunakan Xenia Li juga namun belum VVT-i tapi rasio BBM-nya 1 : 12-14) sebelum menggunakan Xenia yang sekarang saya menggunakan Terios yang 1.500 cc dan perbandingannya 1:10-11.

Saya mengeluhkan hal ini ke bengkel resmi saat service 1.000 KM (saat ini KMnya sekitar 2.500). Namun katanya mesin tidak bisa disetel untuk dibuat irit atau boros, dan konsumsi BBM tergantung gaya mengemudi sopirnya dan kondisi jalan.

Saya pikir gaya mengemudi saya tidak berubah, jalan di Jakarta juga masih sama. Jadi kenapa ya Xenia yang saya pakai sekarang boros sekali sehingga saya merasa tidak ada bedanya dengan saat meggunakan Terios (kebalikan dari saat saya ganti Xenia awal ke Terios).

Padahal sekarang sudah VVT-i bukakah seharusnya lebih irit BBM? Sebenarnya sejak awal saya sudah curiga karena suara mesinnya sangat kasar, hampir seperti suara mesin diesel. Memang kata petugas bengkel karena silindernya 3 tapi seingat saya suara mesin Xenia yang awal tidak sekasar yang sekarang.

Mohon saran dan penjelasannya Pak.
Demikian dan terima kasih
Tubagus Rustama
Email :
trustama@gmail.com

Jawaban:


Halo juga,Next

Halaman 1 2 3
(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close