detikOto

Sejarah APV

APV Lahir di Indonesia, Diterima di 80 Negara

Bagja Pratama - detikOto
Selasa, 04/05/2010 17:03 WIB

Jakarta -Setelah puas malang melintang di belantara segmen mobil keluarga di Indonesia, Suzuki juga melakukan ekspansi ke luar negeri, dengan senjata andalannya Suzuki APV.

Kepuasan tersendiri tentunya, karena biar bagaimanapun, sedari awal Suzuki APV merupakan karya original Indonesia, dan saat ini bisa diterima tidak hanya di pasar domestik, tapi juga manca negara.

"Sampai saat ini, terhitung sudah lebih dari 80 negara yang menerima APV untuk dipasarkan disana," ujar ujar Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho, ketika berbincang dengan detikOto.

Tercatat beberapa negara pengimpor terbanyak Suzuki APV dari Indonesia seperti Saudi Arabia, Amerika latin, bahkan Thailand yang biasanya mengirim mobil ke Indonesia pun berbalik sampai harus mengimpor Suzuki APV dari Indonesia.

"Volumenya pun tidak sedikit, dalam satu bulan, secara total bisa sampai 2.500 unit APV kita ekspor," papar Endro.

Bahkan, pencapaian ternayak terjadi pada tahun 2008 lalu, dimana sepanjang tahun tersebut, secara total Suzuki Indomobil Sales berhasil mencatatkan penjualan ekspor Suzuki APV sebanyak 25.000 unit.

Dan di tahun 2009 lalu, saat gelaran Indonesian International Motor Show 2009 berlangsung, Suzuki APV juga mendapatkan penghargaan sebagai mobil dengan negara tujuan ekspor terbanyak (saat itu baru 70 negara).

"Kita tentunya bangga ya, APV lahir dari Indonesia, sampai akhirnya bisa diterima oleh dunia," tutup Endro.

(bgj/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com