detikOto


Honda CB 200 Brat Style

Syubhan Akib - detikOto
Kamis, 11/02/2010 09:21 WIB

Jakarta -Di tengah tren modifikasi roda dua yang mengarah ke gaya motor Jepang yang jadul alias Jap's Style, Yudha Danuwardhana sepertinya ingin mendobrak tren tersebut dan memodifikasi Honda CB 200 miliknya dengan aliran Brat Style.
       
Sebenarnya sekilas kedua aliran ini serupa tapi tak sama atau boleh dibilang mirip. Yang menjadi perbedaan dasar adalah bila Jap's Style dibangun dengan gaya minimalis layaknya model-model motor Jepang dulu, gaya Brat cenderung ke arah chooper.

Nah hebatnya, untuk mewujudkan ambisinya itu, Yudha ternyata tidak mau motornya dipegang oleh orang lain. Alhasil seluruh rancangan serta pernak-pernik yang menempel di motor ini dibuatnya dengan tangannya sendiri.
       
"Kalau bisa sendiri, kenapa harus sama orang lain. Lagi pula kalau kita sendiri yang ngerjain kan motor itu bisa berbentuk seperti yang benar-benar ada di kepala kita," ujarnya kepada detikOto beberapa waktu lalu.
       
Langkah pertama Yudha untuk mewujudkan niatnya itu adalah dengan memotong sasis CB 200 miliknya agar dudukan si CB sesuai dengan gaya modifikasi yang diinginkannya. Setelah itu Yudha menggantinya dengan pipa baja.
       
Selesai urusan rangka kendaraan, Yudha pun berkonsentrasi membentuk motornya ini dengan berbagai aksesoris agar aura Brat Style makin tersembul keluar.
       
"Untuk shock saya pakai punya Kawasaki KH 1 250 cc, stang juga pakai punya Kawasaki 250 agar kesan choppernya keluar," beber Yudha.
       
Setelah itu, agar gaya Brat makin kentara, Yudha pun mencoba-coba beberapa model tangki sampai terpilihlah tangki Honda CG 125 untuk menjadi wadah bensin motornya. "Modelnya asyik dilihat," cetusnya.
       
Dan yang unik dari motor ini, meskipun seluruh mesinnya masih standar bawaan CB 200, Yudha ternyata coba bermain-main dengan elemen lain seperti dengan menggunakan karburator milik Honda 90 dan koil milik Mitsubishi Eterna untuk membuat motornya jadi bertenaga dan tidak ngelitik.
       
"Tadinya saya hanya ingin bikin motor ini jadi tidak ngelitik lagi, coba pakai berapa karbu, hasilnya sama saja. Awalnya juga ragu, cocok ga ya motor Honda 90 dipakai ke CB 200 yang lebih besar, eh setelah di tes cocok, motor enggak ngelitik lagi," papar pemuda Project Manager Branding and Design di sebuah agensi ini.
       
Hasilnya, setelah motor ini 'dipamerkan' di sejumlah milis, Yudha ternyata mendapat apresiasi yang positif. "Bahkan ada yang pesan minta dibikinin motornya kaya gini juga, sudah dua motor ini yang sekarang saya kerjain," pungkasnya.
 
Wah dari hobi malah jadi usaha dong ya.. (syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com