detikOto


Test Ride

Motor Sport Viar Vix-R

Bagja Pratama - detikOto
Kamis, 17/12/2009 16:26 WIB

Motor Sport Viar Vix-R
Jakarta -Sekalian mengunjungi pabrik motor Viar di Semarang, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba salah satu produk dari Viar bertipe sport full fairing yang baru saja diluncurkan, Vix-R.

Dari tampilan, memang secara detail beberapa bagian yang tidak lagi mencirikan merek tertentu secara keseluruhan. Viar mencoba menggabungkan desain dari beberapa tipe motor sport sehingga menghasilkan Vix-R.

Dari segi fitur tambahannya, seperti ABS pada rem belakang, memang cukup menarik perhatian dan rasa penasaran untuk merasakan kinerjanya. Begitu juga dengan dukungan kedua ban tubelesnya.

Di halaman pabrik belakang Viar, detikOto diberikan kesempatan untuk mencicipi motor sport anyar dari Viar tersebut. Tombol start ditekan, dan mesin menyala. Sekilas, suara kasar khas motor China tidak begitu terdengar.

Ketika mulai melaju, selongsong gas coba diputar spontan. Dan mesin 150 cc SOHC milik Vix-R ini cukup responsif dan enak diajak berakselarasi, apalagi ketika sudah masuk gigi 2 dan gigi 3.

Namun, dari gigi 4 ke gigi 5, sepertinya tenaga mesin tertahan dan cenderung flat. Sepertinya Viar coba memberikan gigi 5 hanya untuk menenangkan raungan putaran mesin saja, sehingga gejala mesin getar hilang.

"Vix-R memang didesain untuk sport perkotaan, sehingga akselarasi di awal (gigi 1) dan di akhir (gigi 5) kita buat selembut mungkin," ujar Marketing Division Head PT Triangle Motorindo, A.Z. Dalie, ketika mendampingi jurnalis dalam sesi test ride, di pabrik Viar Semarang, Selasa (15/12/2009).

Tapi, tidak seperti motor sport sejenisnya, Viar setidaknya cukup berhasil dalam mereduksi getaran mesin ketika motor sedang berakselarasi. Hal itu terjadi karena ada penambahan roller berukuran besar pada rokerarm.

Sekarang giliran handling. Dibekali suspensi upside down pada roda depan, dan monoshock pada roda belakang, untuk trek lurus dan rata, Vix-R bisa memberikan kenyamanan pada pengendaranya.

Namun, pada permukaan jalan akan bergelombang ataupun rusak, upside down yang terpasang pada roda depan memiliki rebound atau gaya balik yang terlalu cepat, sehingga motor menjadi sedikit liar.

Tapi secara keseluruhan, sport terbaru dari Viar ini cukup layak digunakan untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari didalam kota. Selain tampilannya yang sporti, juga harga jualnya yang nyaman dikantung, yakni hanya seharga Rp 14,550 juta On the road Jakarta. Tertarik?

(bgj/ddn)
Baca Juga
Foto Video Terkait

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com