detikOto

Tes Konsumsi BBM Jupiter Z

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 11/12/2009 11:22 WIB

Baturaja -Penasaran dengan konsumsi bensin Yamaha Jupiter Z? Dalam touring selama hampir 500 jam ini, saat yang tepat untuk mengetes konsumsi BBM si Jupi.

Ketika detikOto melakukan pengetesan di sela-sela touring khususnya di jalur lintas Sumatera antara Lampung-Baturaja, Sumatera Selatan, bebek baru Yamaha yang kini menggendong mesin berkapasitas 115 cc itu menunjukkan keiritan BBM-nya untuk kelas motor bebek.

Motor dijajal di jalur yang memiliki trek kombinasi antara tikungan dan jalan lurus yang diwarnai dengan tanjakan dan turunan.

Hasilnya, walaupun mengalami peningkatan kapasitas mesin, Jupiter mampu berjalan hingga 44 km dengan hanya meminum 1 liter bensin saja atau 1:44. Angka itu lebih tinggi dari ekspektasi yang diberikan Yamaha sendiri yang hanya berkisar di angka 1:41.

Namun hasil kurang memuaskan terjadi di jalur Jakarta-Lampung yang menyuguhkan kondisi jalan yang membuat stres. Sebab wilayah Jakarta, Tangerang dan Banten memang banyak diisi oleh kemacetan jalan.

Di trek yang bisa dibilang sebagai trek dalam kota ini, New Jupiter Z mampu berjalan sejauh 96 km. Dengan kapasitas tangki bensin sekitar 4,2 liter, berarti New Jupiter Z ini masih mampu berjalan hingga 24 km hanya dengan meminum 1 liter bensin saja.

Hal ini terbilang masih lumayan, sebab kondisi jalan yang detikOto lewati memang terbilang ganas. Di dalam kota Jakarta, rombongan Jupiter Amazing Tours 2010 yang sedang mengadakan tes ini terkendala oleh kemacetan di sejumlah titik ibukota. Belum lagi di wilayah Tangerang, Serang, dan Cilegon Banten yang ternyata juga dihadang oleh sejumlah kemacetan.

Wilayah terparah yang membuat Jupiter ini haus adalah di wilayah Cikupa dimana terdapat pembenahan dan pembetonan jalan yang 'uniknya' dimulai dari bagian tengah jalan. Tak anyal, hal tersebut pun membuat kondisi jalan menjadi semrawut dan macet total. Tentu saja hal ini membuat setiap kendaraan apapun jenis dan mereknya menjadi lebih 'haus' dari biasanya.

Namun dengan handling, desain dan keiritannya tersebut, Yamaha Jupiter Z ini layak untuk dipertimbangkan oleh konsumen dan diperhitungkan oleh semua lawannya.

(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Foto Video Terkait





Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com