detikOto

Mudik Gaya

Toyota Kijang Innova

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Senin, 05/10/2009 12:36 WIB

Toyota Kijang Innova ddn
Jakarta -Ritual mudik tak bisa dilewatkan begitu saja tanpa mencoba varian MPV yang bisa membawa umat alias anggota keluarga banyak di kabinnya.

Dari sekian banyak pilihan mobil di pasar mobil Indonesia, MPV (multi purpose vehicle) atau mobil serba guna memang paling cocok untuk dibawa mudik.

Mobil dengan kapasitas maksimal tujuh penumpang ini bisa menjadi pilihan tepat bagi keluarga Indonesia yang biasanya menginginkan ruang yang lega untuk memuat banyak barang dan tentu saja anggota keluarga.

Karena itulah, kami mencoba menjajal mobil MPV legendaris Toyota, yakni Kijang Innova.

Bepergian dengan anggota keluarga yang banyak jelas membutuhkan trik tersendiri. Apalagi jika ada anggota keluarga yang masih kecil atau masih bayi yang tentunya membutuhkan bawaan ekstra banyak, mulai dari botol susu sampai pakaian ganti. Mmm sudah kebayang perjalanan seperti apa nantinya.

Bawaan di mobil 'bukan hanya orang saja', belum lagi berbagai oleh-oleh untuk sanak saudara. Nah tentunya kelegaan kabin Innova tak perlu diragukan. Jika bawaan masih cukup banyak, tinggal lipat saja kursi bari ketiga, bagasi pun bertambah banyak.

Hingga maksimal 8 orang pun dapat duduk dengan nyaman di kabin Innova tipe E yang kami jajal. Aliran AC pun dapat terhembus dengan nyaman hingga baris ketiga berkat fitur double blower pada tipe E Innova ini.

Suspensi yang nyaman dan kuat pun membuat si bayi nyaman ketika mobil berada di jalan tol. Namun kadang ketika bertemu dengan polisi tidur di jalanan komplek sebuah perumahan, bodi mobil Innova tipe E ini seperti terguncang hebat. Guncangan lebih hebat diterima oleh penumpang di baris paling belakang. Tidak seperti varian G yang hampir tidak ditemui gejala guncangan seperti ini.

"Mungkin karena sasisnya yang lebih pendek daripada varian Innova yang tipe G," tutur Dodi sang driver yang punya pengalaman bertahun-tahun menjajal mobil Toyota.

Perjalanan kami sejauh sekitar 300 km lebih ini mengeksploitasi keunggulan maupun kelemahan sebuah Kijang Innova yang sebagian sudah kami tulis.

Kami tentu tak protes soal soal kenyamanan maupun kapasitas angkut Innova yang patut diacungi jempol. Kalau bertemu dengan jalanan jelek pun bukan masalah bagi Innova mengingat ground clearance yang cukup tinggi.

Di tol apalagi, kecepatan 100-120 km per jam pun mobil tetap terkendali. Posisi duduk juga sangat nyaman, semua sudut mobil terlihat jelas. Sudut A di kanan kiri mobil juga tidak menghalangi pandangan pengemudi ketika berbelok tajam.

Sayangnya mobil keluarga ini tidak terlalu lincah, manuvernya pun agak lebih sulit dibanding mobil sejenisnya.

Namun yang pasti Toyota Kijang Innova adalah mobil keluarga yang mengutamakan kenyamanan penumpang. Bukan mobil yang digunakan untuk diajak kebut-kebutan sepanjang perjalanan mudik.

Konsumsi bensin yang berhasil kami catat selama perjalanan mudik kali ini adalah sekitar 10,8 km per liter bensinnya. Agak boros memang tapi cukup terbayar dengan kenyamanan sepanjang perjalanan jauh.

Data Mobil:


Mobil: Toyota Kijang Innova 2.000 cc
Tipe: E
Transmisi: Manual 5 percepatan
BBM: Bensin
konsumsi Bensin rata-rata: 10,8 km per liter.
(ddn/ddn)
Baca Juga
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close