detikOto

Dipajang Dimana Saja, Motor Matik Tetap Paling Laris

Bagja Pratama - detikOto
Selasa, 04/08/2009 08:03 WIB

Jakarta -Tren masyarakat Indonesia yang semakin meminati motor-motor bertipe matik dibandingkan bebek atau sport sepertinya memang menjadi rezeki tersendiri bagi
para ATPM motor yang memiliki lineup produk bertipe matik.

Dimanapun dipajang, motor matik tetap laris manis. Tak terkecuali dalam gelaran Indonesia International Motor Show 2009 (IIMS) yang notabenenya adalah pameran
tahunan yang memang diperuntukan bagi kendaraan roda empat.

Beberapa ATPM motor mencatatkan, motor matic menjadi varian paling laris dari penjualan mereka dibandingkan dengan produk bertipe bebek atau sport.

Seperti halnya Yamaha, yang berhasil menjual dua varian Mio dan Mio Soul, masing-masing sebanyak 90 unit dan 71 unit. Sedangkan varian bebeknya, seperti Jupiter MX hanya laku 20 unit, atau Vega ZR 28 unit.

Begitu pula dengan varian sport andalan mereka, V-Ixion yang hanya terjual 37 unit, serta Scorpio yang hanya mampu diboyong sebanyak 6 unit.

Tak berbeda dengan Suzuki. varian bebeknya Suzuki Smash dan Shogun, masing-masing hanya terjual sebanyak 5 unit dan 4 unit. Satria FU sebanyak 19 unit dan Thunder hanya 1 unit.

Namun bila melihat varian bertipe matiknya, terutama Skydrive yang baru saja diluncurkan, berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 42 unit, sedangkan Skywave 29 unit, dilengkapi dengan Spin yang ternyata hanya laku 3 unit.

Sedangkan Honda, meskipun tidak memberikan angka secara rinci, pihak main dealernya menyatakan, varian matic mereka menyumbang penjualan sampai dengan 70 persen.

Vario Techno CBS, sebagai varian terbarunya sangat mendominasi penjualan Honda motor. Tercatat sejak tanggal 30 Juli sampai 2 Agustus kemarin, Vario Techno CBS
sudah terjual lebih dari 126 unit, dari total penjualan sebanyak 190 unit selama
4 hari tersebut.

Begitupun dengan Minerva. Meskipun hanya memiliki satu lineup produk bertipe matic, Minerva GTR bisa menyumbang 30 persen dari penjualan motor Minerva yang sebagian besar didominasi oleh varian sport. (bgj/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close