detikOto

Rem Lengket, Mobil Macet

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 04/03/2009 14:16 WIB

Jakarta -Rida (27) bingung luar biasa. Bagaimana tidak, mobilnya tidak mau melaju meski sudah digas penuh. Mesin malah jadi loyo ketika gas ditekan penuh.

Padahal ibu rumah tangga ini harus ikut senam di hari Minggu untuk menjaga kebugaran fisiknya yang setiap hari berurusan soal rumah tangga.

Daripada panik, Rida yang tidak mengerti soal mesin mobil ini menghubungi montir andalannya Pak Asep dari bengkel di kawasan Bintaro untuk memperbaiki mobil Suzuki kesayangannya.

Pak Asep datang dan langsung mengecek mobil Rida, oh ternyata, kampas rem mobil lengket di roda-roda belakang.

Rupanya Rida sudah seminggu lebih tidak menggunakan mobilnya. Mobil diparkir dengan memasang rem tangan.

"Ini lengket Bu remnya, mungkin kotor setelah kena hujan, karena kotor jadi lengket di tromol roda dan tidak bisa lepas lagi," jelas Pak Asep.

Itu dia penyakit mobil Rida, mobil Rida sebelumnya berhujan-hujan ria. Setelah itu mobil dibiarkan di garasi selama seminggu dan memasang rem tangan.

"Nanti kalau ditinggal lama di garasi, sebaiknya jangan pakai rem tangan, diganjal saja pakai balok kayu atau batu," saran Asep.

Nah agar si rem tidak lengket lagi di roda caranya gampang, mobil tinggal dipaksa maju dengan menginjak pedal gas. Atau menggunakan gigi mundur. "Yang penting roda harus bergerak mesti agak dipaksa," ujar Asep.

Asep juga menyarankan Rida agar segera membersihkan remnya di bengkel resmi. Biasanya perawatan rem menghabiskan biaya Rp 200.000. Jadi rawatlah rem Anda, karena itu alat vital bagi hidup Anda dan mobil Anda. (ddn/tbs)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close