detikOto

Jangan Remehkan Lampu Indikator

Muhamad Ikhsan - detikOto
Rabu, 21/01/2009 17:45 WIB
Halaman 1 dari 2

Foto: Dadan-detikOto
Jakarta -Berkendara memang membutuhkan keamanan dan kenyaman dari kendaraan itu sendiri. Selain memperhatikan kesiapan mesin, kaki-kaki namun ada juga beberapa komponen yang membutuhkan ekstra perhatian seperti lampu-lampu indikator yang berada di dashboard mobil.

Pada prisinpnya bagian tersebut sangat membantu pengendara untuk mengetahui apakah yang terjadi pada aki, oli dan temperature mesin saat mobil dijalankan.

Lampu indikator tersebut jangan dianggap remeh. Normalnya saat posisi kunci di acc semua indikator akan menyala. Mulai dari lampu oli, dan aki serta rem tangan kalau posisinya ditarik ke atas.

Sesaat kemudian, lampu-lampu itu harusnya padam ketika mesin mulai dihidupkan. Jika lampu masih tetap menyala ketika mesin sudah menyala itu berarti ada sesuatu dalam mesin mobil Anda.

"Jangan anggap remeh bila lampu indikator menyala, cek terlebih dahulu. Lampu mana yang menyala baru telusuri bagian tersebut," kata Rudi Suryadi selaku kepala mekanik Oto Roda terletak di jalan IR. H. Juanda No. 84 Ciputat, Tangerang, kepada detikOto, Rabu (21/1/09).

Seperti yang terjadi pada lampu indikator aki (baterai) menyala terus, ada kemungkinan pengisian listrik yang dihasilkan berkurang.

Untuk komponen yang satu ini, energi listrik yang dihasilkan komponen ini harus sesuai dengan beban listrik yang dipakai. Next

Halaman 1 2
(ikh/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com