detikOto

Oli Yang Cocok untuk Mobil Kesayangan

Muhamad Ikhsan - detikOto
Sabtu, 06/12/2008 13:42 WIB
Halaman 1 dari 2

Foto: M Ikhsan-detikOto
Jakarta -Perawatan mobil bukan hanya pada eksterior dan interior mobil saja melainkan mesin mobil juga harus diperhatikan terutama oli pada mesin mobil agar umur mesin mobil lebih awet dan tahan lama.

Walaupun sebenarnya mengganti oli mesin mobil adalah proses yang mudah, namun masih banyak orang yang kurang memperhatikan struktur oli yang cocok untuk kondisi mesin mobilnya.

Beredarnya berbagai macam merek oli dengan kelebihan dari masing-masing produk, nampaknya membuat konsumen kebingungan untuk memilih oli yang tepat untuk kendaraannya.

Di pasaran saja banyak kita temui oli berbagai macam merek, contohnya di bengkel Super Servis Jalan Ir. Juanda Raya No. 84 Ciputat, Banten. Di bengkel ini menjual berbagai macam merek oli seperti Shell, Top1 juga oli keluaran Pertamina.

Untuk oli Shell Plus SAE 10-40, oli ini dijual dengan harga Rp 245.000, namun oli ini dianjurkan untuk mesin mobil yang baru saja. Bila anda tak ingin mengocek kantong lebih banyak lagi untuk mesin mobil baru anda, anda bisa memakai oli Shell Super SAE 15-50, oli ini dijual dengan harga Rp 185.000 masalah ketahanan sama saja.

"Hanya sifat kekentalannya lebih kental dari oli Shell Plus SAE 10-40, masalah kilometer sebaiknya diganti setiap 3.000 km atau tiap 3 bulan sekali," ujar Jaja selaku mekanik Super Servis kepada detikOto, Kamis (4/12/2008).

Di bengkel tersebut juga menjual oli Shell Red SAE 20-50, oli ini dijual dengan harga Rp 130.000, karena oli tersebut sifat kekentalannya lebih kental dari oli yang lain, dianjurkan untuk mesin mobil yang sudah berumur atau sudah diatas 5 tahun usia mesin, tegas Jaja.Next

Halaman 1 2
(ikh/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close