detikOto

Rp 9 Juta untuk Ganti Sarung Jok Kulit

Muhammad Ikhsan - detikOto
Jumat, 14/11/2008 14:55 WIB

Bisnis Bekleding Kebun Sirih/Foto: M Ikhsan
Jakarta -Zaman telah berubah, namun usaha reparasi bekleding (sarung jok mobil) di Jl Kebon Sirih Timur Dalam, Jakarta Pusat masih bertahan sampai saat ini. Sejumlah pemilik usaha reparasi bekleding bertebaran di sepanjang jalan ini menawarkan jasanya demi kenyamanan konsumennya. Iya, memang tempat ini layaknya surga bagi pengguna roda empat untuk mempercantik interior mobilnya..

Seperti pemilik kios Usaha Bersama yang dijalani Chairil Anwar, tiada habi-habisnya melayani pesenan pelanggan. Kios yang berdiri sejak tahun 1958 adalah kios pertama yang membuka usaha reparasi bekleding di daerah ini.

Iing, sapaan akrabnya, mengakui usahanya ini adalah turunan dari almarhum ayahnya yang memang sejak dulu menangani perbaikian bekleding mobil bahkan sampai mereparasi kursi yang sudah usang dimakan waktu.

Harga yang dibandrol untuk mengganti bekleding tergantung jenis kendaraan dan jenis bahan yang digunakan. "Bahan-bahan yang digunakan produk dalam negeri, karena produk dalam negeri lebih murah tapi kualitasnya tidak kalah bagus," ucap Iing kepada detikoto, Kamis (13/11/08).

Biaya untuk mobil Sedan dengan kulit asli harganya Rp 7 juta dan untuk mobil dengan jenis Kijang, Iing biasanya membandrol harga Rp 9 juta. Namun bila konsumen menginginkan bekleding semi kulit dengan kualitas terbaik, Iing menyiapkan harga Rp 1,5 juta untuk mobil sedan dan untuk mobil Kijang dan lainnya dihargai Rp 2 juta.

Tidak itu saja, kios Usaha Bersama ini juga menjual jok sprot untuk mobil anak muda yang ingin tampilan interiornya bak mobil balap. Harganyapun relatif bersaing, hanya dengan mengocek kantong Rp 1,7 juta anda sudah bisa bawa pulang satu jok sport dengan merek Recaro atau Sparco.

Melangkah sedikit dari kios Usaha Bersama, ada bangunan semi permanent yang mengikuti jejak usaha yang dijalani Iing. Bangunan itu milik Beri Purnama, yang juga sesama pengusaha reparasi kursi dan jok mobil. Harga yang ditawarkannya tidak jauh berbeda dengan kios milik Iing.

Jika hanya ganti bekleding semi kulit dengan kualitas terbaik, Beri menyiapkan harga Rp 1,9 juta untuk mobil sedan dan untuk mobil jenis Kijang dan lainnya disiapkan harga Rp 2 juta. Dan untuk bekleding kulit asli, anda hanya merogoh kantong sebesar Rp 6 juta – Rp 9 juta saja.

Nah, bagi anda yang berminat untuk mereparasi bekleding dan mengganti jok mobil anda. Silahkan datang ke Jl. Kebon Sirih Timur Dalam, Jakarta Pusat. Dipastikan, Anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan untuk kendaraan pribadi Anda.

(tbs/tbs)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Foto Video Terkait

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com