detikOto

Asuransi Sepeda Motor

Mr Edu - detikOto
Senin, 20/10/2008 09:59 WIB

Jakarta -PERTANYAAN

Akhir bulan ini, Insya Allah kami akan menerima sepeda motor Honda Beat, setelah inden selama 3 bulan. Waktu pesannya dulu, kami belum mengambil paket termasuk asuransi (motor kami beli cash lewat teman dekat suami). Cuma melihat pengalaman tetangga saya yang kecurian motor di halaman rumahnya kok saya jadi mikir, untuk sebaiknya ikut mengasuransikan. Cuma masalahnya, saya tidak tahu kemana? Setahu saya, yang mudah didapat itu asuransi mobil. Kalo motor susah, mesti beli kredit dulu atau kalau tidak kolektif. Mungkin Bu Mike bisa membantu saya?

Ny Yayuk Nurhayati
Taman Ciomas Indah, Bogor




JAWABAN

Mbak Yayuk di Bogor,

Selamat atas kepemilikan sepeda motor-nya ya, juga atas kesadaran untuk mengikuti program perlindungan asuransi.

Mengingat membeli asset-aset seperti rumah termasuk sepeda bermotor membutuhkan dana yang relatif cukup besar, memang sudah selayaknya aset-aset tersebut dilindungi dari kondisi-kondisi yang berpotensi menimbulkan kerugian seperti kehilangan maupun kerusakan.

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa dengan diasuransikannya motor anda pada badan asuransi artinya dalam beberapa hal maka keamanan motor anda telah ditanggung oleh pihak asuransi. Pertanggung jawaban asuransi meliputi kerusakan fisik motor baik major maupun minor sampai dengan kehilangan motor secara keseluruhan. Pada dasarnya bagi kendaraan bermotor ada dua jenis asuransi yang umumnya digunakan pada kendaraan roda dua yaitu Total Lost dan All Risk. Tetapi sebaiknya untuk memilih jenis mana Asuransi yang cocok bagi sepeda motor anda maka sebaiknya anda memahami jenis asuransi yang paling sesuai baik secara ekonomis maupun fungsional.

Total Lost : Artinya klaim asuransi anda akan dikabulkan bila telah terjadi kerusakan secara total yang tidak bisa diricovery atau melebihi 70% - dalam hal ini seperti bila kendaraan anda raib di curi maling,terbakar atau hancur total sampai tidak bisa diperbaiki seperti akibat kecelakaan. Biasanya bila anda membeli motor baru secara kredit maka secara otomatis motor anda telah mendapat jaminan asuransi Total Lost dari badan leasing yang anda gunakan.
All Risk : Asuransi all risk adalah jaminan asuransi yang akan mengkover segala macam kerusakan motor baik major sampai pada kerusakan minor. Pengguna asuransi tinggal membayar biaya klaim untuk mendapat penggantian meskipun kerusakan yang terjadi di motornya hanyalah kerusakan minor. Tetapi untuk mendapatkan jaminan polis asuransi dengan jenis All risk basanya akan dikenakan biaya lebih tinggi dibanding asuransi total lost - biasanya dikenakan 3 atau 4 permil

Asuransi sepeda motor (All Risk maupun TLO) juga umumnya sudah ditambah coverage Personal Accident (PA), memberikan penggantian sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang diakibatkan kecelakaan apapun yang menyebabkan kematian atau cacat tetap. Juga coverage Medical Expense (medex) yang memberikan penggantian sesuai dengan ketentuan yang berlaku terhadap biaya pengobatan tertanggung khusus akibat kecelakaan berkendara menggunakan objek pertanggungan. Umumnya penggantian dilakukan secara reimbursement dan jaminan ini hanya berlaku bagi 1 (satu) orang pemegang polis yang namanya tercantum pada ikhtisar pertanggungan.

Ada beberapa hal mengenai seluk beluk asuransi yang sebaiknya diketahui bagi para biker. Yang paling penting adalah mengenai jenis asuransi apa yang paling cocok dan badan asuransi seperti apakah yang baik buat motor kesayangan anda.

Asuransi Total Lost sebenarnya lebih cocok bagi motor dengan kisaran harga 30 juta rupiah kebawah. Karena disamping biaya preminya tidak terlalu menguras kocek anda, motor dengan harga dibawah 30 juta rupiah bila mengalami kerusakan majorpun biaya perbaikan dan harga suku cadangnya pun tidak terlalu mahal. Sehingga terasa mubazir bila menggunakan sistem asuransi All Risk. Inilah mengapa asuransi sepeda motor umumnya ditawarkan untuk sepeda motor yang dibeli dengan kredit daripada tunai. Sebab rata-rata harga motor sekarang relatif makin murah, demikian juga suku cadangnya. Alhasil, hampir segala bentuk kerusakan sepeda motor bisa di cover oleh pemilik. Sehingga dianggap membeli asuransi sepeda motor yang dibeli tunai (asumsi motornya murah ) menjadi tidak ekonomis.
Polis asuransi All Risk umumnya digunakan oleh pengguna motor besar (moge) ataupun motor yang memiliki harga suku cadang yang cukup tinggi (termasuk motor modifikasi) karena bila dikalkulasikan biaya klaim maupun premi asuransinya tidak semahal bila anda harus membeli sendiri spare part yang mengalami kerusakan tersebut. Terlebih dengan polis asuransi All Risk secara langsung anda pun mendapatkan cover asuransi Total Lost.

Mencari asuransi untuk motor sama sekali tidak sulit dan sama mudahnya dengan membeli asuransi untuk mobil. Perusahaan-perusahaan yang menawarkan asuransi mobil umumnya juga menawarkan asuransi untuk sepeda motor. Coba saja beberapa nama seperti Adira Insurance Motopro, Asuransi Jasindo, Asuransi ACA, Autocilin, Asuransi Astra Buana dan lain-lain.

Selain membandingkan besarnya premi dan cakupan jaminan, perlu juga diperhatikan fasilitas dan kemudahan2 lain yang diberikan dalam prosedur pengajuan klaim, jaringan bengkel yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut juga track record (rekam jejak) perusahaan tersebut, misalnya apakah pernah wanprestasi. Jangan sampai, Mbak yayuk menjadi korban agen asuransi yang hanya manis dimulut saja.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, semoga dapat membantu Mbak Yayuk mendapatkan paket asuransi yang tepat dan sesuai.

Salam

Mr Edu

(tbs/tbs)
Foto Video Terkait

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com