detikOto


Menghitung Kemampuan Kredit Mobil

Mike Rini Sutikno - detikOto
Senin, 06/10/2008 13:40 WIB

Menghitung Kemampuan Kredit Mobil
Jakarta -PERTANYAAN

Ibu Mike, saya seorang karyawan swasta berumur 28 tahun. Memiliki satu istri
dan seorang anak yang baru berusia 1 tahun. Istri tidak bekerja. Saat ini
pendapatan bulanan saya dari gaji sebanyak Rp 6,5 juta/bulan, sementara
tambahan dari usaha lain dari hasil mengontrakkan rumah eks orangtua di kota
lain sekitar Rp 500 ribu bulan.


Karena sudah punya anak dan berpikir kejamnya debu jalanan bagi anak saya, saya dan istri berniat membeli mobil dengan cara kredit. Dana tunai yang kami siapkan sebagai DP saat ini Rp 12 juta. Tentu saja, kami tak berharap bisa membawa pulang mobil baru. Pertanyaan kami adalah?

1. Apa kira-kira jenis mobil bekas yang terjangkau dengan DP Rp 12 juta?
2. Saya pernah baca, bank umumnya membatasi usia kendaraan bekas yang akan
dibeli kredit maksimal 3 tahun. Adakah lembaga pembiayaan yang menyediakan
opsi usia kendaraan yang lebih panjang selain yang ada di bank.
3. Dengan pendapatan bulanan saya, dan pengeluaran bulanan rumahtangga yang
rata-rata Rp 3,5 juta, berapa tahun sebaiknya saya mmengambil kredit mobil?

Terimakasih atas jawabannya ya bu..

Aloysius Sugianto
Pamulang Permai II


JAWABAN

Untuk pak Aloysius Sugianto yang baik, memang kebutuhan untuk memberikan perlindungan bagi keluarga dirasakan perlu ketika melihat kondisi lingkungan yang menuntut keamanan lebih . Tetapi, tentunya tujuan yang baik harus diiringi dengan perencanaan yang baik pula.

Jika melihat kondisi keuangan Anda, rasio yang baik antara pendapatan dan hutang tidak boleh melebihi 30 persen artinya Anda hanya boleh memiliki cicilan hutang sampai Rp 2,1 juta perbulan. Lembaga pembiayaan selain bank yang dapat memberikan kredit pemilikan mobil adalah perusahaan leasing. Tentu dengan kelebihan dan kekurangannya, kalau melalui bank biasanya prosedurnya agak lama tapi dengan bunga yang lebih rendah. Sebaliknya untuk perusahaan leasing, prosedur cepat tetapi bunga lebih tinggi dan usia mobil maksimal 8 tahun dengan masa waktu cicilan 3 tahun. Hal penting yang harus dipersiapkan ketika membeli mobil kredit adalah DP, dimana semakin besar DP maka akan semakin kecil pula cicilannya dan jangan lupa, perhitungan DP sudah termasuk biaya-biaya lain yang menyertainya seperti biaya administrasi, bea balik nama, asuransi dll.

Umumnya perusahaan leasing memberikan batasan DP sampai 30%, walaupun sekarang banyak perusahaan leasing bisa memberikan keringanan DP sampai 0%, tapi tentu dengan konsekuensi cicilan yang semakin besar. Untuk mengetahui berapa harga mobil yang mampu dibeli, Anda dapat melakukan perhitungan sendiri dengan menggunakan fasilitas microsoft excel pada komputer Anda:

Dimana Bank atau perusahaan leasing akan menghitung terlebih dahulu kemampuan cicilan hutang keluarga sebesar Rp 6,5 juta + Rp. 500 ribu = Rp 7 juta x 30% = Rp. 2,100,000,-. Lalu cara menentukan kredit yang mampu Anda bayar dengan langkah-langkah:
1. Klik fx key toolbar pada Microsoft Excel.
2. Pilih kategori financial dan PV pada kotak fungsi, lalu klik OK
3. Muncul kotak seperti di bawah ini:


Rate
Nper
Pmt
FV
Type


4. Masukan data Anda:
Dengan suku bunga 15% (asumsi, disesuaikan dengan kondisi sekarang) pinjaman selama 3 tahun (36 bulan)


Rate 0.15/12
Nper 36
Pmt 2.100.000
FV 0
Type 0

Lalu akan muncul angka (nilai PV) Rp.60,579,261.49 dan jika Anda mempunyai Uang Muka (DP) sebesar 20% (12 juta/60,579,261.49), maka:
Rp 60,579,261.49 : (1 – 0.20) = Rp. 75,724,076.86
Terlihat bahwa dengan DP sebesar 12 juta, asumsi bunga kredit 15% dan waktu lama pinjaman 3 tahun, Anda dapat membeli mobil seharga 75 juta-an. Jenis mobil yang Anda inginkan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Besarnya biaya perawatan, konsumsi BBM yang diperlukan untuk aktifitas Anda sehari-hari juga harus menjadi faktor yang Anda pertimbangkan.


Dengan menetapkan tujuan keuangan secara spesifik dan terukur akan memudahkan melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan rencana-rencana keuangan Anda. Selamat mewujudkan impian Anda membeli mobil.



(tbs/tbs)

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com