Perbandingan Biaya Perawatan Mobil Manual dan Matik

Aditya Maulana - detikOto
Jumat, 19/04/2013 15:04 WIB
ilustrasi
Jakarta - Banyak pernyataan dan anggapan bahwa perawatan mobil manual lebih murah ketimbang mobil matik. Pernyataan itu memang benar adanya, karena perawatan mobil matik memang jauh lebih mahal ketimbang mobil dengan transmisi manual.

Hal itu juga dibenarkan oleh Bambang Hariyanto, pemilik sekaligus kepala mekanik di bengkel BM Service di Mega Glodok Kemayoran, Lantai 6 Blok E 3 No.2 yang mengatakan kalau perawatan mobil manual lebih murah ketimbang mobil matik.

"Pada prinsipnya biaya perawatan mobil manual itu lebih murah dalam arti kata komponen yang harus diganti tidak terlalu banyak dibanding mobil matik," tutur Bambang saat ditemui detikOto di bengkelnya.

Berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali servis jika ada komponen yang rusak?

Bambang memaparkan, kalau untuk mobil dengan transmisi manual biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan sedangkan untuk transmisi matik biayanya lebih mahal yakni mulai Rp 5 hingga Rp 8 jutaan atau tergantung part yang rusak.

"Lain ceritanya kalau masalah umur. Kalau sudah 5 tahun biasanya mobil matik banyak yang harus diganti. Estimasi harganya juga bisa lebih dari yang ditentukan. Semuanya tergantung part yang harus diganti," timpalnya.

Bambang menyarankan, sebelum ada kerusakan yang dapat merogoh kocek Anda dalam-dalam ada baiknya lakukan perawatan rutin seperti mengganti oli transmisi pada mobil matik dan mengganti oli gardan pada mobil manual.

"Prinsipnya semua juga memerlukan perawatan baik matik maupun manual. Dengan perawatan berkala itu dapat meminimalisir kerusakan fatal pada mobil," tandasnya.




Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

OTOFOKUS