Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 19 Juni 2017, 10:42 WIB

Soal Motor Listirk, AISI: Pelajari Cara Daur Ulang Baterainya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Soal Motor Listirk, AISI: Pelajari Cara Daur Ulang Baterainya Motor listrik Honda EV-CUB (Foto: Niken Purnamasari)
Jakarta - Meski di Indonesia motor listrik sudah ada yang diperjualbelikan, namun masih banyak hal yang membuat motor listrik masih harus dikaji. Terutama baterai dari bahan lithium yang digunakan untuk motor listrik, regulasi, serta jangkauan motor listrik tersebut.

Ketua Umum Asosiasi Indsutri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman mengatakan, meski teknologi motor listrik ke depan akan menjadi solusi yang baik, namun saat ini masih harus dikembangkan.

"Karena kan kita selalu berpikir kalau motor listrik itu polusi rendah, tapi kita harus ingat juga bahwa baterai itu tidak seumur hidup, baterai itu perlu diganti juga. Sebaiknya memang perlu dipikirkan bagaimana me-recycle baterainya, kalau tidak itu masalah," tuturnya kepada wartawan, di Jakarta.

Menurut Loman, akan berbahaya nantinya jika motor listrik sudah terlanjur beredar, masalah baterai tersebut tidak diperhatikan.

"Jadi bisa dibayangkan suatu saat motor listrik yang beredar 20 juta gitu, kalau setiap 3 tahun dia harus ganti baterai (yang beratnya) 4-5 kg, bekasnya nanti bagaimana," ucapnya.

Selain itu, teknologi untuk jarak tempuh motor listrik, lanjut Loman menerangkan, juga menjadi hal yang harus dipelajari lagi.

"Teknologinya belum menemukan yang jangkauannya jauh, memang bisa dibikin jauh, dengan baterai yang banyak, cuma bagaimana safety-nya, karena baterai lithium itu bisa meledak. Kayak di pesawat itu kan ponsel tertentu tidak boleh diaktifkan, atau taruh powerbank di bagasi tidak boleh. Karena memang lithium itu jika tidak ditangani dan didesain dengan baik akan bahaya," pungkasnya. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed