Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 08 Desember 2016, 11:38 WIB

Tak Perlu Turunkan Kaki, Motor Ini Bisa Tegak Sendiri

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tak Perlu Turunkan Kaki, Motor Ini Bisa Tegak Sendiri Foto: dok. Gyrocycle
Honolulu - Dengan menggunakan dua roda, pengendara sepeda motor memang harus menurunkan kaki ketika berhenti agar tetap seimbang. Namun, perusahaan asal Honolulu, Hawaii, Thrustcycle Enterprises LLC memiliki prototipe sepeda motor yang bisa menyeimbangkan sendiri.

Tertulis dalam siaran pers yang diterima detikOto, motor yang bisa berdiri sendiri hasil garapan Thrustcycle Enterprises LLC adalah GyroCycle. Motor ini menjadi motor bertenaga listrik self-balancing yang revolusioner.

Thrustcycle sudah memperkenalkan prototipe GyroCycle. Rencananya, model pertama akan diproduksi pada 2017 mendatang. Dan Thrustcycle bertujuan untuk menjadi perusahaan pertama yang menjual sepeda motor self-balancing.

"GyroCycle adalah sebuah kendaraan hemat energi dengan stabilitas yang solid," kata Presiden Thrustcycle, Clyde Igarashi.

Ditambahkan, teknologi inti di balik GyroCycle memiliki implikasi yang luas untuk keamanan. Dengan sistem ini, pengendara pemula akan mendapat manfaat karena motor tidak akan terjatuh. Sementara pengendara yang berpengalaman akan menikmati manfaat kelincahan motor self-balancing.

Thrustcycle menciptakan efek gyroscopic yang menjamin motor listrik tetap tegak dan stabil baik sambil berjalan maupun berhenti. Fungsi self-balancing memberikan pengendara lebih mudah mengontrol kendaraan.

Memang, konsep serupa sempat dimuculkan oleh pabrikan besar asal Jerman, BMW Motorrad. BMW beberapa waktu lalu telah meluncurkan konsep Motorrad Vision Next 100 yang memiliki sistem self-balancing. Namun, Thrustcycle berencana untuk membawa konsep ini ke produksi massal pertama kali.

Thrustcycle memang belum menentukan harga pasti dari GyroCycle ini. Namun rencananya, GyroCycle dibanderol di bawah US$ 20.000 (Rp 266 juta). (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed