Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 15 November 2017, 13:33 WIB

Mobil BBM Bakal Punah Tahun 2050

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil BBM Bakal Punah Tahun 2050 Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Soal mobil berbasis ramah lingkungan, Toyota sudah tak diragukan lagi menjadi salah satu merek yang memimpin. Pabrikan mobil asal Jepang itu tercatat sudah berhasil merebut sekitar 43 persen mobil listrik di seluruh dunia. Melihat data tersebut bukan tak mungkin mobil bermesin konvensional diprediksi bakalan punah pada tahun 2050.

Prediksi tersebut salah satunya datang dari Kepala R&D dan advance technology Toyota, Seigo Kuzumaki. Ia mempercayai bahwa produsen akan terus menghadapi peraturan emisi yang lebih ketat. Sehingga memaksa mereka untuk mempercepat pengembangan mobil listrik dan pada akhirnya, pada tahun 2050 mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine atau ICE) akan mati secara global.

"Kami memperkirakan bahwa pada tahun 2050 kita akan mengurangi emisi CO2 dari kendaraan sebesar 90 persen dibandingkan dengan angka di tahun 2010 lalu," kata Kuzumaki kepada Autocar dalam sebuah wawancara baru-baru ini (15/11/2017).

"Untuk mencapai hal itu, 2040 para produsen mulai menciptakan mobil berbasis hybrid ataupun plug-in hybrid. ," lanjutnya.

Toyota sendiri akan memiliki mobil listrik pertama yang dijual pada akhir tahun ini. Mobil tersebut akan menggunakan baterai lithium-ion yang menawarkan jangkauan sekitar 300 mil dengan sekali cas. Namun pada awal 2020 nanti, produsen asal Jepang tersebut akan mengharapkan dapat mengenalkan baterai solid state. Dimana baterai akan memberikan peforma yang jauh lebih baik daripada baterai hari ini dengan dimensi yang lebih kecil pula. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed