Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 23 Oktober 2017, 18:12 WIB

Modifikasi

Gila! Motor Harley Berkonfigurasi W dari Purwokerto

Prins David Saut - detikOto
Gila! Motor Harley Berkonfigurasi W dari Purwokerto Foto: Prins David Saut
Denpasar - Modifikator asal Purwokerto, Yusuf Adib Mustofa membuat sesuatu yang berbeda. Builder dari Psycho Engine Purwokerto itu mengembangkan mesin 3 silinder dari Sportster 883 Harley-Davidson berbentuk huruf W yang unik.

Yusuf akan berkolaborasi dengan builder ternama asal Jepang, Kaichiroh Kurosu dari Cherry's Company dan builder kawakan asal Yogyakarta, Lulut Wahyudi untuk membuat satu motor modifikasi yang akan ditunjukkan pertama kali di final nasional Suryanation Motorland 2017 di Surabaya pada 11-12 November 2017 nanti.

"Mesinnya menyerupai W, sehingga disebut W Engine. Itu mesin V yang ditambah satu silinder di depan. Jadi exhaust-nya menghadap depan semua," kata Lulut di lokasi yang sama.

Menurut Lulut, Yusuf mengubah cam W engine itu yang seharusnya menjadi 6, namun dipasang 5 cam. Satu cam ekstra itu untuk valve cam pertama dan kedua serta exhaust dari silinder pertama. "Uniknya, Yusuf membuat mesin Sportster V twin itu kan cam-nya 4, harusnya kalau ditambah satu silinder jadi W engine maka cam-nya 6. Tapi Yusuf pakai aplikasi cam 5," ujar Lulut.

Kreativitas Yusuf itu diapresiasi para builder kawakan, namun diharapkan ada pengembangan yang dilakukan. Sehingga mesin W itu terbukti secara kemampuan dan performa di jalanan.

"Kita salut juga dengan Yusuf, tapi harapan saya tidak berhenti di sini. Dia develop w engine dan dites sehingga mesin ini terbukti," ucap Lulut.

Sementara Kurosu, disebut Lulut, mengembangkan bodi untuk mesin buatan Yusuf itu. Lulut sendiri dipercaya untuk membuat rangka agar mesin modifikasi cah Purwokerto itu bisa menyatu dengan bodi buatan Jepang.

"Saya dalam proyek kolaborasi ini sebagai mentoring mempermudah komunikasi Yusuf dengan Kurosu. Saya juga menggarap frame-nya sehingga mesin bisa tetap digarap di Purwokerto dan saya kirim frame ke Jepang sehingga Kurosu bisa develop bodinya di Jepang lalu dikirim kembali ke sini. Setelah itu akan dirakit dan dicat di bengkel saya," ungkap Lulut.

Setelah itu, motor modifikasi ikonik ini Lulut berharap, digandengnya jepang untuk berkolaborasi custom bike ini akan membawa harum nama modifikator di Indonesia ke dunia.

"Harapan saya, dengan ini, Indonesia semakin dilihat dunia dan dunia custom kita tifak dipandang sebelah mata lagi. Karya anak bangda lebih merasa, oh ternyata kalau aku berusaha bisa, Yusuf ternyata bisa," pungkas Lulut.


(vid/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed