Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 18 Oktober 2017, 12:06 WIB

Mobil Jenazah Kelas Atas, Pakai Alphard dan Lain-lain

detikX - detikOto
Mobil Jenazah Kelas Atas, Pakai Alphard dan Lain-lain Foto: Ilustrator: Nadia Permatasari
Jakarta - Kebutuhan mobil mewah untuk mengantar jenazah saat tengah ngetren. Di Jakarta, mobil jenazah tak lagi cuma 'mobil biasa', ada juga Alphard dan lain-lain.

Deretan mobil multi-purpose vehicle mewah, seperti Toyota Alphard dan Hyundai H-1 berjajar rapi di pelayanan kedukaan PT Elim Duta Darma, yang berada di bawah Yayasan Elim. Siapa sangka, mobil berharga ratusan juta hingga miliaran rupiah itu merupakan armada pengantar
jenazah.

Mobil Jenazah Kelas Atas, Pakai Alphard dan Lain-lainFoto: detikX


"Kita memang punya armada khusus bagi member atau masyarakat yang butuh jasa pengurusan kematian. Bila mau yang eksklusif, kita juga siapkan Alphard," ujar Direktur PT Elim Duta Darma, Teresa Tejean, seperti dikutip detikOto dari detikX.

PT Elim Duta Darma berkantor di Jalan KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat.

Yayasan Elim didirikan pada 1965 oleh Tirta Hadiwana, yang tidak lain adalah kakek Teresa, yang kemudian diturunkan kepada salah satu putrinya, Lanny Hadiwana, hingga saat ini.

Awalnya, yayasan sosial itu berdiri untuk menyediakan peti jenazah bagi orang-orang tidak mampu. Seiring dengan berjalannya waktu, jasa layanan kematian yang digarap Yayasan Elim bertambah dengan menyediakan mobil antar-jemput jenazah, pemandian, penguburan atau kremasi, hingga proses pengurusan surat-suratnya. Jadi warga yang sedang berduka tidak perlu repot-repot lagi mengurus ini dan itu jika ada salah satu anggota keluarganya yang meninggal.

Mobil jenazah Alphard Mobil jenazah Alphard Foto: detikX


Selama ini, berdasarkan data di Yayasan Elim, sudah ribuan warga yang dilayani. Banyak di antaranya merupakan tokoh atau pejabat. Itu sebabnya, mobil mewah jadi salah satu varian angkutan jenazah yang disiapkan lantaran tokoh atau pejabat umumnya minta prosesi pemakaman dilakukan secara 'wah'.

Selain Elim, event organizer kedukaan bernama Yayasan Bunga Kamboja (YBK) juga menyiapkan mobil mewah, di antaranya Alphard. Yayasan yang beralamat di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, inilah yang melayani prosesi pemakaman Olga Syahputra pada 28 Maret 2015.

Mobil Alphard bernomor polisi B-877-LO digunakan untuk menjemput jenazah Olga di Cargo 530 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke rumah duka di Perumahan Kaveling DKI, Jalan Kresna Raya No 4, RT 11 RW 06, Duren Sawit, Jakarta Timur.



"Terakhir itu, Julia Perez yang pakai yayasan ini," kata seorang perempuan yang bertugas di bagian call center YBK saat dihubungi detikX.

Julia Perez, yang meninggal pada 10 Juni 2017, diangkut mobil Hi-Ace bernomor polisi B-7011- PDA dari RS Cipto Mangunkusumo ke rumah duka di Cibubur serta ke TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.


Selain mobil mewah, YBK menyediakan ambulans standar, antara lain mobil Isuzu dan Hyundai. Khusus untuk mobil mewah, tentunya akan dikenakan harga khusus. "Untuk pengantaran dengan Alphard atau Vellfire, dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 3,5 juta untuk di dalam Kota Jakarta. Kalau luar kota, beda lagi harganya," tutur petugas YBK yang enggan disebutkan namanya.

Baca selengkapnya: Ke Liang Lahat Naik Alphard di detikX (irw/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed