Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 19 Juni 2017, 07:40 WIB

Deretan Mobil Rusak Terparkir Disamping Jalan Kota Ini

Dina Rayanti - detikOto
Deretan Mobil Rusak Terparkir Disamping Jalan Kota Ini Foto: ABC
Canberra - Ada satu pemandangan yang tak biasa samping-samping jalanan ibu kota Australia, Canberra. Jika biasanya dipenuhi oleh tanaman atau pohon, jalanan di Canberra justru dipenuhi deretan mobil rusak yang ditinggal pemilika.

Ini berbeda dengan di Afrika Selatan misalnya, mobil yang rusak di pinggir jalan dalam hitungan menit akan diangkut oleh petugas jalan raya. Atau bahkan di kota Jakarta, sudah pasti mobil yang menganggur di jalanan diangkut oleh petugas. Namun berbeda dengan yang terjadi di Canberra mobil-mobil rusak itu bahkan ditinggal hingga kurun waktu berbulan-bulan.

Tahun lalu saja ada 600 mobil rusak yang terparkir di samping jalanan Canberra.

"Itu meningkat sedikit jika dibandingkan tahun sebelumnya. Saya pikir mereka tak mampu membayar jasa derek mobil dan memutuskan untuk meninggalkan mobilnya begitu saja dipinggir jalan," ungkap Kepala lalu lintas Jalanan Australia, Sean Sloan seperti dikutip dari ABC, Senin (19/6/2017).

Foto: ABC


Alasan lain adalah mobil tersebut terlibat kecelakaan atau bahkan itu merupakan kendaraan curian.

"Saat mobil tersebut tak memiliki harga jual yang tinggi, mereka memutuskan untuk kami (kepolisian) yang mengurusnya," lanjut Sean.

Foto: ABC


Kepolisian disana hanya bakal menderek mobil jika posisinya menghalangi pengendara lain dan justru berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Tak murah memang, tahun lalu saja kepolisian setempat mesti menggelontorkan AU$ 300.000 atau setara dengan Rp 2,9 miliar untuk menderek mobil-mobil itu. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed