Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 03 September 2015, 19:32 WIB

UNY dan ITS Jadi Wakil Indonesia di Student Formula Japan

M Luthfi Andika - detikOto
UNY dan ITS Jadi Wakil Indonesia di Student Formula Japan
Jakarta -

Indonesia boleh berbangga hati, soalnya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) danĀ Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kini menjadi wakil Indonesia diajang Student Formula Japan (SFJ).

Dalam rilis yang diterima detikOto, Kamis (3/9/2015), salah satu karya UNY yakni Garuda F15, dinyatakan lolos Technical Inspection, dan melaju di Track Ecopa Stadium.

Garuda F15 mobil formula buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), berhasil melalui serangkaian uji inspeksi pada 2015 Student Formula Japan (SFJ). Technical inspection dilakoni Garuda F15 selama 2 hari berturut-turut dan pada hari ini (3/9), mobil formula tersebut resmi melaju di track balapan untuk menjalani autocross race.

Dalam uji kendaraan tersebut, dikatakan semua mobil formula menjalani serangkaian pemeriksaan. Sesuaian dengan aturan yang telah ditentukan, seperti emergency driver escape, weight test, tilt test, serta noise and brake test. Emergency driver escape menguji lama waktu seorang racer keluar dari cockpit.

Tes ini sekaligus menguji pengetahuan keempat pembalap tim mengenai warna bendera serta fungsinya. Uji kendaraan selanjutnya adalah weight test untuk mengukur berat kendaraan yang langsung dilanjutkan dengan tilt test, yaitu pengecekan kebocoran pada kendaraan dengan cara memiringkan kendaraan 45 derajat dan 60 derajat.

"Mobil sudah lolos scrutineering. Sebentar lagi kita ke autocross, kami sedang mempersiapkan kendaraan se-prima mungkin untuk track disini," tutur ketua tim teknis Garuda UNY, Ninda.

Pada kesempatan uji kebisingan dan rem, F15 dituntut untuk memenuhi kriteria tingkat kebisingan minimal 110 db dan mendapatkan stiker lolos yang ketiga. Dengan lolosnya F15 pada uji kendaraan untuk dynamic event tersebut, tim makin berkonsentrasi pada performa kendaraan di race.

Dan bisa dipastikan tim mobil dari UNY bersama-sama dengan Sapu Angin dari ITS, kini dinyatakan telah lolos uji inspeksi dan menjajal track di ECOPA Stadium.

Kedua wakil dari Indonesia di SFJ 2015 ini dijadwalkan akan menjalani beberapa kategori balapan, yakni autocross, endurance, acceleration, dan skidpad.

(lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed