Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 01 September 2014, 16:09 WIB

Toyota-Mitsubishi Pertama dalam Hal Purna Jualnya

- detikOto
Toyota-Mitsubishi Pertama dalam Hal Purna Jualnya
Jakarta -

Toyota dan Mitsubishi berada di ranking teratas untuk pelayanan purna jual kendaraannya. Demikian hasil survei JD Power yang melakukan penelitian pada 3.467 pemilik kendaraan.

Baik Toyota dan Mitsubishi berada di urutan teratas dengan skor yang sama yakni 770. Toyota melakukan layanan purna jual terbaik dalam hal servis advisor, fasilitas servis dan kualitas servis, sedangkan Mitsubishi memiliki performa tinggi dalam inisiasi servis dan penjemputan kendaraan untuk diservis.

Di bawah Toyota dan Mitsubishi ada Ford dan Mazda yang mengikuti dengan masing-masing skornya juga sama yakni 769.

Studi dilaksanakan JD Power terhadap 3.476 pemilik kendaraan yang menerima pengiriman kendaraannya pada periode Februari 2012—Mei 2013, dan melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2013—Mei 2014.

"Meskipun ada peningkatan jasa servis karena peningkatan penjualan mobil baru, 9 dari 12 merek mobil yang dipelajari mencetak perbaikan dalam hal kepuasan konsumen," ujar Direktur JD Power Rajeev Nair dalam siaran pers.

Studi ini mengukur kepuasan pelanggan pada layanan purna jual dalam 5 faktor kunci: service initiation (27%); service advisor (12%); service facility (15%); vehicle pick-up (15%); dan service quality (30%).

Yang menarik, konsumen mengaku puas dengan mobil yang diservis pada pukul 12.00 atau setelahnya dibanding mereka yang melakukan servis sebelum pukul 09.00.

Padahal lebih dari sepertiga (38 persen) konsumen membawa mobil mereka ke bengkel sebelum jam 10.00 pagi, yang datang lebih siang biasanya lebih sedikit atau mencapai 15 persen.

"Terima kasih kami ucapkan kepada semua team di Toyota yang telah bekerja keras sehingga Toyota dapat meraih penghargaan ini. Gelar ini tidak akan dapat diraih tanpa team work yang kuat dan improvement yang terus-menerus dilakukan demi kepuasan pelanggan," komentar President Director PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui.

Sementara itu, Vice President Director TAM, Suparno Djasmin, menambahkan bahwa CSI Study 2014 ini sebagai refleksi dari pasar terhadap improvement yang selama ini dilakukan Toyota terhadap pelanggan, yang merupakan bagian dari prinsip Toyota The Best Total Ownership Experience.

Penghargaan CSI Study 2014 merupakan lompatan prestasi yang signifikan bagi Toyota Indonesia. Soalnya, pada CSI Study 2013 Toyota hanya berhasil menduduki peringkat ke-7, dengan poin sebesar 755.

Data lengkap peringkat layanan purna jual:

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed