Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 13 Jan 2013, 00:40 WIB

Mengapa Dahlan Bisa Selamat dan Mobil Tidak Terbakar?

- detikOto
Mengapa Dahlan Bisa Selamat dan Mobil Tidak Terbakar? Dahlan Iskan dan Tucuxi (Ari Saputra)
Jakarta - Mobil listrik dalam uji tabrakan kerap rentan terbakar karena terdapat baterai bertegangan tinggi di dalamnya. Kenapa Tucuxi tidak terbakar saat mobil ditabrakkan Menteri BUMN Dahlan Iskan ke tebing? Ini penjelasan pencipta Tucuxi, Danet Suryatama.

Menurut Danet hal itu tidak lain karena sistem struktural yang dimiliki mobil ini. Meski mobil dibongkar oleh tim Dahlan Iskan, namun mereka tidak berhasil membongkar structural system dari Tucuxi.

Tim itu hanya berhasil membongkar sistem rem, airbag, power steering, battery system<\/em> dan battery monitoring system<\/em> serta lainnya.

Sehingga meski menabrak tebing dalam kecepatan tinggi (sekitar 80 km per jam), mobil tidak terbakar, seperti mobil listrik lainnya.

\\\"Alhamdulillah, struktur kendaraan berfungsi seperti yang kami desain. Kendaraan Tucuxi mempunyai sistem struktur yang terdiri dari crush zone (zona ringsek) dan safe zone (zona aman),\\\" ujar Danet dalam pernyataan yang diterima detikOto.

Crush zone berfungsi menyerap energi kinetik tabrakan dengan menjadi ringsek saat menyalurkan energi tabrakan ke struktur lain.

Safe zone sebaliknya berfungsi secara rigid\/kaku menahan segala gaya\/tegangan dari tabrakan tersebut.

Pada Tucuxi, bodi mobil yang terbuat dari serat karbon (Aramid Carbon Fiber) dan sebagian struktur baja berfungsi menjadi ringsek.

Demikian pula, atap kendaraan yang terbuat dari kaca menjadi pecah berkeping-keping untuk melindungi penumpang dari terhimpit atap.

Sebaliknya, struktur space frame<\/em> Tucuxi yang terbuat dari baja stainless berkekuatan tinggi mampu melindungi penumpang serta baterai dari himpitan kendaraan.

\\\"Kami mendesain sistem struktur Tucuxi sesuai dengan persyaratan tabrakan AS (NHTSA) dan Eropa (Euro-NCAP). Bandingkan kecelakaan mobil istrik ini dengan yang dialami oleh mobil listrik China BYD e6 dan Chevrolet Volt AS <\/strong><\/a>yang terbakar baterainya ketika tabrakan,\\\" ujarnya.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed