Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 07 Sep 2011, 10:03 WIB

Mobil Tanpa Pengemudi Bakal Jadi Hal Biasa di Masa Depan

- detikOto
Mobil Tanpa Pengemudi Bakal Jadi Hal Biasa di Masa Depan
Detroit - Meski saat ini masih penuh dengan kontroversi, beberapa pihak meyakini kalau mobil yang memiliki kemampuan berjalan tanpa dikendalikan manusia akan menjadi hal yang lumrah di masa depan. Setiap mobil di masa depan diyakini akan memiliki fitur semacam auto-pilot.

Mobil dengan fitur auto-pilot ini menurut para pendukungnya akan banyak membantu para pengemudi dan mengurangi kecelakaan. Sebab ketika si pengemudi sedang mengirim pesan atau membaca SMS atau berbicara melalui ponselnya, konsentrasi si pengemudi tidak akan terpecah karena mereka untuk sementara tidak perlu mengemudi.

Pabrikan mobil Amerika Serikat, General Motors bahkan kini sedang bersiap untuk memperlihatkan mobil dengan kemudi otomatis yang akan mereka pamerkan di Orlando pada musim gugur tahun ini.

\\\"Itu visi jangka panjang kami,\\\" ungkap Direktur Laboratorium Kontrol-Listrik Terintegrasi General Motors Co, Nady Boule seperti detikOto kutip dari Detroit News, Rabu (7\/9\/2011).

\\\"Mobil yang bisa mengemudi diri mereka sendiri dan dengan demikian tidak ada lagi kecelakaan mobil,\\\" tambahnya.

Dia memperkirakan dalam beberapa dekade mendatang mobil-mobil yang dijual akan mampu pergi dari titik A ke titik B tanpa bantuan manusia sama sekali.

GM sendiri sudah melakukan penelitian terkait teknologi ini sejak 2007 silam dimana Chevrolet Tahoe <\/a>dimodifikasi sedemikian rupa agar mampu berjalan sendiri tanpa awak dari California ke basis Angkatan Laut Amerika yang jaraknya 55 mil.

Departemen perhubungan AS bahkan memprediksi bila setiap mobil bisa saling berkomunikasi, angka kecelakaan yang terjadi karena berkurangnya konsentrasi pengemudi akan berkurang hingga 80 persen.

Di masa depan, mobil akan mampu mengenali medan jalan serta suasana sekitarya entah itu mobil lain, pejalan kaki, atau infrastruktur di jalan dan lampu lalu lintas serta marka jalan.

Setelah teknologi-tenologi masa depan ini diteliti, tahun 2013 menurut Nady akan menjadi kunci. Sebab keputusan harus dibuat apakah teknologi ini akan dikembangkan lebih lanjut atau tidak.

Penyematan teknologi ini pun menurutnya relatif mudah sehingga mobil tua pun bisa memiliki fitur yang sama dengan perangkat yang dijual bebas.

Namun masalah utama dari teknologi ini adalah masalah privasi. Sebab dengan teknologi ini, keberadaan setiap mobil akan terus di deteksi oleh satelit.

Tapi sisi positifnya, asuransi kendaraan nanti akan lebih murah untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem penghindaran. Meski dia mengakui kalau keselamatan pengemudi adalah tanggung jawab si pengemudi sendiri. Setiap orang tetap harus berkonsentrasi ketika mengemudi walau ada alat pembantu seperti ini.

\\\"Pada akhirnya. Itu tetap akan menjadi tanggung jawab pengemudi,\\\" lugasnya.


(syu/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed