Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 18 Oktober 2017, 10:58 WIB

Ini Beda Bikin SIM di Spanyol Kata Marc Marquez

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Beda Bikin SIM di Spanyol Kata Marc Marquez Marc Marquez (Foto: Abraham Arthemius)
Tangerang - Tiap negara punya aturan Surat Izin Mengemudi yang berbeda-beda. Di Spanyol untuk mendapatkan SIM dan izin mengendarai motor lebih sulit ketimbang di Indonesia.

Menurut pebalap MotoGP Mark Marquez, mengatakan di negara asalnya Spanyol, untuk mendapatkan SIM harus berumur 18 tahun. Itu pun hanya boleh mengendarai motor dengan kapasitas mesin 125 cc.

"Ketika 16-18 tahun kamu bisa ikut tes untuk mendapatkan SIM mengendarai, itu untuk motor 50 cc," ujar juara dunia MotoGP 3 kali itu di BSD, Tangerang Selatan.

Untuk dapat mengendarai motor dengan kapasitas di atas 125 cc kata juara dunia MotoGP tiga kali itu harus mencapai umur di atas 19 tahun.

"Kalau kamu belum mencapai umur itu kamu tidak bisa mengendarai motor yang cc-nya lebih besar, kamu juga harus punya pengalaman," tutur Marquez.

Lalu untuk dapat mengendarai motor besar kata Marquez harus mencapai umur 22 tahun. Meski sudah cukup umur, dapat SIM, lalu boleh mengendarai motor, harus ada pengujian terlebih dahulu agar benar-benar aman berkendara di jalanan umum.

"Kita diizinkan untuk ikuti tes uji SIM motor besar. Untuk tes ini, persyaratannya sangat sulit. Selain soal keahlian, tesnya juga dibuat untuk membuat kita menjadi pengendara bertanggung jawab agar tidak asal kebut-kebutan di jalan," tambah Marquez.


(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed