Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 13 Oktober 2017, 17:08 WIB

Ini Bagian Rentan pada Diecast Saat Dibersihkan

Ruly Kurniawan - detikOto
Ini Bagian Rentan pada Diecast Saat Dibersihkan Koleksi diecast (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta - Beberapa pencinta dan kolektor mobil mulai memburu versi miniatur atau diecast. Tak hanya mobil yang sudah sangat langka, beberapa pecinta mobil sport juga mulai mencari diecast untuk dikoleksi.

Meskipun hanya mainan, diecast juga harus tetap dirawat agar kesehatannya tetap prima dan enak dipandang. Terlebih apabila ingin dijual kembali.

Menurut salah satu kolektor diecast, Dadan, perawatan harus dilakukan paling tidak satu bulan sekali. Perawatan dilakukan dengan pembersihan diecast.

"Karena bila cacat, harganya bisa jatuh banget. Kan sayang," kata Dadan sang kolektor diecast kepada wartawan di Jakarta.

Saat melakukan pembersihan, beberapa bagian diecast harus mendapatkan perhatian lebih, tidak bisa sembarangan. Karena bagian tersebut sangat rentan akan kerusakan.

"Khususnya pada diecast skala 1:18, bagian spion dan wiper itu sangat rentan banget akan kerusakan. Harus teliti," ucap Dadan.

"Sering kali ketika sudah cukup teliti secara tak sengaja malah terlalu kuat ngelap spionnya sehingga copot. Wiper juga sering nyangkut dan patah," ucapnya lagi. Namun dirinya mengaku, dari bagian itu semua paling rentan adalah pada emblem dari diecast Mercedes-Benz.

Kolektor lainnya, Andy Mulyadi juga memberikan tips untuk merawat diecast. Menurutnya, diecast harus dijaga kelembabannya.

"Untuk menjaga kelembaban diecast, diharapkan untuk disimpan pada ruangan dingin atau nyalakan AC terus," tutur Andy. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed