Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 13 Oktober 2017, 08:06 WIB

Kapan Waktu yang Tepat untuk Merawat Diecast?

Ruly Kurniawan - detikOto
Kapan Waktu yang Tepat untuk Merawat Diecast? Merawat Diecast Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Mencintai diecast atau miniatur kendaraan rasanya bukan satu hal yang haram untuk pecinta otomotif. Terlebih untuk memiliki diecast yang sudah tua, tak terlihat lagi di Indonesia ataupun supercar, pasti punya kesan tersendiri.

Namun meskipun hanya mainan, ternyata perawatan pada miniatur ini masih harus dilakukan ya Otolovers. Karena diecast sangat rentan akan debu yang menempel dan lecet atau cacat.



"Paling tidak satu bulanlah dibersihkan karena rentan dengan debu ya. Karena bila cacat, harganya bisa jatuh banget. Kan sayang," kata Dadan sang kolektor diecast kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Sebisa mungkin AC itu 24 jam full non stop harus nyala untuk jaga kelembapan (Diecast-Red). Tapi resikonya debu akan semakin banyak.tutup Dadan.

Untuk proses membersihkannya, kata Dadan, tidaklah terlalu sulit. Hanya menggunakan kain lembut saja cukup namun harus teliti.

"Untuk diecast yang besar yakni 1:18, tiap tiga atau empat minggu di bersihkan dari debu karena debu tetap bisa masuk walaupun dipajang di lemari. Perawatannya tidak susah sih namun harus terus dilakukan," ujar Dadan.

"Bagi diecast yang berukuran kecil yakni skala 1:64, tak ada perawatan khusus. Hanya sering dibersihin saja sebulan sekali dan dipoles menggunakan polesan untuk mobil biasa karena bahannya sama," ujar kolektor lainnya, Andy Mulyadi.

Selain itu, tempat penyimpanan juga menjadi hal yang sangat penting agar mainan tersebut tetap kinclong.

"Sebisa mungkin AC itu 24 jam full non stop harus nyala untuk jaga kelembapan. Tapi resikonya debu akan semakin banyak," tutup Dadan. (lth/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed