Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 05 Juli 2017, 10:41 WIB

Contraflow di Cipali, Mobil-mobil Seberangi Rumput dan Parit

M Luthfi Andika - detikOto
Contraflow di Cipali, Mobil-mobil Seberangi Rumput dan Parit Foto: Screen Shot Whatsapp
Jakarta - Mudik Lebaran 2017 masih menyisakan cerita nih Otolovers. Beredar video yang memperlihatkan beberapa mobil nekat menyeberangi selokan air dan rumput di Tol Cipali.

Sebagai catatan, banyaknya pengemudi yang nekat menyeberangi selokan itu memang diizinkan oleh petugas kepolisian untuk mengurai kemacetan. Meski demikian kehati-hatian saat berkendara tetap jadi poin utama.

"Itu video terjadi dimana tol dibuat one way, kalau berdasarkan info Korlantas itu diberlakukan pada jam-jam tertentu. Contraflow ini dilakukan dalam mengurangi kemacetan, yaitu dengan semua jalan dibuka untuk mengarah ke Jakarta," ujar Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada detikOto.

Namun, lanjut Jusri, karena video ini diperlihatkan secara sepotong-potong. Ini seakan melanggar peraturan. "Kejadian kemarin itu, ada sebagian masyarakat sudah ada di tol di jalur yang benar, tiba-tiba dibuka satu jalur. Sehingga yang menuju Jakarta pindah jalur. Kalau saya melihat, wajar saja ini seperti kasus di puncak Bogor Jabar, untuk menguraikan kelancaran keamanan dan keselamatan, para pengemudi ada yang menyeberang," katanya.

"Nah memang sepanjang tol itu, memang ada mobil yang terjebak. Menariknya itu videonya sepotong-potong, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Ini bukan tindakan sewenang-wenang," katanya.

Jusri menambahkan sebelum pindah lajur ada baiknya pengendara menggunakan logikanya saat berkendara. Terutama untuk mobil berukuran kecil atau sedan, agar keselamatan bisa terus terjaga.

"Untuk mobil-mobil kecil, pilihan ini (pindah jalur saat contraflow) kan ada di driver, kayak sedan itu dengan ground clearance rendah itu berbahaya," kata Jusri.

"Ini menggunakan naluri dan logika saja, jangan lah itu sedan berani untuk pindah jalur seperti itu. Pada prinsipnya segala sesuatu bahaya itu ialah melakukan tindakan-tindakan yang tidak aman dan tidak menggunakan logika, mereka harus mengutamakan logika," ujarnya.

Saat pindah jalur setidaknya ada trik yang saat menyeberangi selokan dan jalanan berumput saat pindah jalur.

"Kita sebagai pengendara liat terlebih dahulu, jangan sampai masuk ke selokan dan mereka harus menggunakan logikanya. Kalau rumput kan bisa terjadi slip, kalau selokan bisa terguling atau menyangkut. Jadi itu harus miring (pada video yang jalanannya agak curam) terlebih dahulu, baru masuk secara perlahan," tambahnya.


(lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed