Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 05 Aug 2016, 08:29 WIB

Eropa Jadi Kiblat Indonesia dalam Merakit Bus

Dina Rayanti - detikOto
Eropa Jadi Kiblat Indonesia dalam Merakit Bus Foto: Dina Rayanti
Bogor - Bus-bus yang digunakan di berbagai wilayah di Indonesia memiliki berbagai macam model. Bila dilihat, desain-desain bus di Indonesia tidak kalah dengan bus-bus yang berada di Eropa.

Ternyata benar saja, salah satu perusahaan perakit bus PT Rahayu Sentosa (RS) dalam mendesain modelnya berkiblat dari Eropa karena modelnya yang futuristik.

"Sebenarnya perpaduan ide dari tim kita dan maunya konsumen kita diskusi, tapi kita masih berkiblat ke Eropa karena desainnya yang menarik kalau untuk bus antar kota," kata Presiden Direktur PT Rahayu Sentosa, Andy S Budiman, di Bogor.

Menurutnya bus-bus di Amerika atau Jepang tidak terlalu berfokus pada model melainkan fungsi. "Kalau Amerika sama Jepang itu modelnya nggak seberapa tapi mereka lebih ke fungsinya aja," kata Andy.

Sementara itu untuk menaikkan kembali permintaan yang sempat turun 40 persen tahun, PT Rahayu Santosa fokus untuk memasarkan produknya ke PO (Perusahaan Otobus) dan travel.

"Strategi RS tahun depan balik ke pola dulu ke PO sama travel," ujar Presiden Direktur PT Rahayu Santosa, Andy S Budiman, di Bogor, Jawa Barat.

Menurut Andy pada awal tahun pihaknya sempat berharap kepada program pemerintah untuk mengalihkan masyarakat agar tidak menggunakan mobil pribadi melainkan transportasi umum seperti bus.

"Balik lagi ke pola lama soalnya program pemerintah belum menjanjikan dan belum jalan juga," lanjut Andy.

Andy pun optimis terhadap program pemerintah yang tengah menggenjot pembangunan infrastruktur jalan tol. Ini diharap akan membuat industri perakitan bus kembali bangkit. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed