Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 23 Mei 2014, 22:35 WIB

Harga Motor Murah Jadi Salah Satu Penyebab Angka Kecelakaan Tinggi

- detikOto
Harga Motor Murah Jadi Salah Satu Penyebab Angka Kecelakaan Tinggi
Jakarta - Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menghadiri pertemuan International Transport Forum (ITF) Annual Summit 2014 di Leipzig, Jerman 21-23 Mei 2014. Dalam kesempatan itu, Bambang menjelaskan soal membludaknya populasi motor di Indonesia.

Data terbaru, Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia mencatat, ada 86,253 juta unit sepeda motor di seluruh Indonesia pada April 2014, naik 11 % dari tahun sebelumnya 77,755 juta unit.

Penjelasan soal populasi motor ini disampaikan dalam pembahasan 'The Shared Road to Safety‚ÄďA Global Approach for Safer Motorcycling', yang diorganisasikan oleh IMMA (International Motorcycle Manufacturers Association di acara ITF.

"Kepemilikan sepeda motor di Indonesia adalah 1 sepeda motor untuk 4 orang," katanya seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (23/5/2014)

Bambang mengatakan, tingginya kepemilikan tersebut terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

- Harga sepeda motor murah dan mudah didapatkan.
- Transportasi publik belum termasuk dalam perencanaan tata ruang, sehingga sepeda motor dianggap sebagai alternatif untuk menurunkan kemacetan lalu lintas.
- Dealer dan institusi finansial memberikan skema kredit yang terjangkau untuk memiliki sepeda motor.

Ia juga mengatakan, kKecelakaan di Indonesia terjadi setiap 5 menit dan kematian akibat kecelakaan lalu lintas terjadi setiap 20 menit. Pemerintah Indonesia terus berupaya menurunkan kecelakaan dan tingkat fatalistasnya, melalui program keselamatan berlalu lintas untuk pengendara sepeda motor.

(nwk/syu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed