Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 14 Oktober 2010, 13:10 WIB

Proton Inspira, Proton Berwajah Lancer

- detikOto
Proton Inspira, Proton Berwajah Lancer
Kuala Lumpur - Mobil pengganti Proton Waja<\/a> yang tampangnya banyak terinspirasi dari Mitsubishi Lancer akhirnya jadi dirilis Proton. Mobil ini nanti akan diberi nama Proton Inspira.

Proton Inspira yang memiliki kode Proton P3-90A itu menurut rencana akan dirilis Proton
pada bulan November 2010<\/a> mendatang dan akan mengantikan tipe Waja yang sudah ada sebelumnya.

Nah karena mobil ini banyak terinspirasi oleh garangnya Mitsubishi Lancer, maka jangan heran bila banyak bagian mobil ini akan langsung mengingatkan Anda pada tampang Mitsubishi Lancer mulai dari wajah depan, grille hingga ke bagian buritan, nafas Lancer sangat terasa.

Tidak hanya tampangnya saja, kabarnya produsen mobil Malaysia ini juga akan menyematkan dapur pacu milik Mitsubishi ke balik kap mesin Inspira. Mesin-mesin seperti mesin 4B10 berkapasitas 1.8 liter dengan transmisi manual 5-speed, mesin 4B10 berkapasitas 1.8 liter dengan transmisi otomatis 6-speed dan mesin 4B11 berkapasitas 2.0 liter dengan transmisi otomatis sudah disiapkan Proton.

Di peluncuran perdana nanti, kandungan lokal Malaysia di mobil ini hanya sekitar 26 persen saja namun akan segera ditingkatkan jadi 40 persen dalam beberapa bulan kedepan hingga akhirnya jadi 65 persen akhir tahun depan.

Sementara untuk harganya, seperti detikOto kutip dari Paultan<\/em>, Kamis
(14\/10\/2010), Proton yang baru akan meluncurkan Inspira pada tanggal 10 November nanti rencananya akan membanderol Inspira dengan harga mulai dari 79.880 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 231 jutaan. Proton pun sudah membuka booking untuk Inspira.

Proton dan Mitsubishi memang bekerja sama membuat mobil. Dalam perjanjian yang dimulai
Desember 2008 lalu<\/a> memungkinkan Proton mengambil mobil dari Jepang untuk menggantikan Proton Waja, sedangkan Mitsubishi mengambil Proton Persona dan MPV (Multi Purpose Vehicle) Proton baru untuk dipasarkan dengan merek Mitsubishi di beberapa bagian dunia.

Kerja sama dua produsen ini sebagai langkah untuk menyikapi semakin kerasnya persaingan industri mobil di dunia.

(syu/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed