Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 05 Oktober 2010, 08:03 WIB

Hummer Tak Lagi Jadi Musuh Lingkungan

- detikOto
Hummer Tak Lagi Jadi Musuh Lingkungan
Munich - Selama bertahun-tahun lamanya Hummer H1 telah menerima banyak kritik karena dianggap sebagai mobil yang tidak ramah pada lingkungan. Namun predikat \\\'musuh lingkungan\\\' itu nampaknya akan segera berakhir.

Sebab di saat salah satu merek mobil paling legendaris di Amerika itu sedang sekarat, sebuah organisasi lingkungan Swiss bernama Nation-E, punya rencana yang cukup inovatif yakni dengan mengembangkan versi listrik dari H1, yang mereka sebut AngelH1.

Kendaraan inovatif yang dikembangkan Nation-E ini seperti detikOto kutip dari Autoevolution, Selasa (5\/10\/2010) akan menggunakan tenaga listrik dengan dilengkapi baterai 60 kW yang telah direkayasa untuk menyediakan listrik tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan dapat membantu mobil-mobil lain, bangunan, rumah sakit, lokasi konstruksi dan lainnya.

Salah satu tujuan Nation-E mengembangkan kendaraan ini adalah untuk menyediakan listrik di daerah-daerah yang telah terkena gempa bumi atau tornado dan dalam situasi krisis lainnya.

Sebab dalam kondisi-kondisi tersebut biasanya terjadi pemadaman listrik selama berhari-hari. Nah dengan AngelH1, daerah yang sebelumnya tidak dapat diakses akan mendapat pasokan listrik dari AngelH1.

Kendaraan ini, karena memiliki DNA Hummer yang memang sudah terkenal tangguh dan mampu mengakses daerah-daerah terpencil pun dianggap dapat menjadi jawaban yang luas dalam industri pertambangan, serta lokasi konstruksi yang sulit dijangkau.

Tidak hanya itu, selain mampu menyuplai listrik, AngelH1 ternyata juga dapat berfungsi sebagai pembawa energi untuk satelit dan perangkat komunikasi lainnya.

Saat ini Nation-E sedang bergerak untuk membangun jaringan mitra global sebagai upaya untuk menumbuhkan populasi kendaraan listrik di dunia. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Israel, Jerman, Italia, Finlandia pun mereka tetapkan sebagai bagian dari rencana invasinya.

Karena itulah, Nation-E akan serius menggarap rencana mereka tersebut dan tidak ingin dianggap sebagai sebuah rencana khayalan. Dan di arena E-Car-Tec yang akan diselenggarakan di di Munich, Jerman yang akan diadakan antara 19-21 Oktober 2010 nanti mereka akan memamerkan AngelH1.



(syu/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed